Ikuti UKW, 3 Wartawan Pengurus IWO Kuansing Dinyatakan Lulus Berkompeten


Dibaca: 1435 kali 
Selasa, 22 Juni 2021 - 16:01:32 WIB
Ikuti UKW, 3 Wartawan Pengurus IWO Kuansing Dinyatakan Lulus Berkompeten Foto: Istimewa

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Sebanyak 3 orang wartawan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang merupakan Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda yang diadakan Dewan Pers bekerjasama dengan London School of Public Relations (LSPR), Sabtu (19/06/2021) di Grand Zuri Hotel Pekanbaru, Riau.

Dimana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini diselenggarakan di Ballroom Grand Zuri Hotel Pekanbaru selama 2 hari, yakni 18-19 Juni 2021 yang diikuti oleh sebanyak 51 peserta, termasuk 3 diantaranya merupakan Ketua, Sekretaris dan Anggota IWO Kuansing.

1. Hendra Riko Purnomo media HarianTimes.com

2. Jeki Efri Yunas media HarianRiau.co

3. Aldian Syahmubara media KilasRiau.com

"Sebanyak 51 peserta UKW jenjang Muda ini berasal dari 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau," kata Direktur LSPR Jakarta, Deddy Irwandy MSi yang juga sebagai moderator pada saat itu.

Sebelumnya, lanjut Deddy, dari hasil seleksi awal terdapat sebanyak 60 peserta yang ikut mendaftar, saat mengikuti seleksi Pra-UKW yang dilaksanakan melalui zoom metting gugur 9 orang peserta dan menyisakan 51 peserta yang berhak ikut dalam UKW di Provinsi Riau. Dari 51 peserta tersebut, setelah mengikuti sebanyak 10 mata uji selama 2 hari dan menghasilkan sebanyak 45 peserta yang dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN.

Dimana ke-45 wartawan yang telah dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN tersebut, kata Deddy, ada tanggungjawab yang besar menanti. "Karena ke 45 peserta ini sudah dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN, tentunya dalam menyajikan berita tidak lagi asal asalan atau tidak mentaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tegas Deddy.

Mendapat kabar tersebut, Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM melalui sambungan sellulernya memberikan apresiasi terhadap 3 wartawan sekaligus pengurus IWO Kuansing yang telah dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN tersebut.

"Selamat adinda, semoga bisa memberikan edukasi dan membangun untuk daerah melalui karya karya tulisnya. Ke depan semoga semakin sukses dan sukses untuk kita semua," ucap Wabup Kuansing.

Sementara itu, Pj Sekda Kuansing Dr Agus Mandar SSos MSi juga menyampaikan hal yang sama kepada ketiga peserta UKW Provinsi Riau dari Kabupaten Kuantan Singingi.

"Selamat atas kelulusan dan dinyatakan sebagai wartawan yang sudah berkompeten. Semoga ke depannya bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Kuantan Singingi, dan mampu bekerjasama dalam kemitraan bersama Pemerintah Daerah Kuantan Singingi dalam pemberitaan ke depannya," kata Agus Mandar.

Selain itu, dari instansi vertikal seperti Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing juga turut mengucapkan selamat atas kelulusan 3 orang wartawan Kuansing yang tergabung di IWO Kuansing tersebut.

"Alhamdulillah selamat yaa," ucap Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kuansing, Rinaldy Adriansyah SH MH.

Sementara itu Ketua PD IWO Kuansing, Hendra Riko Purnomo yang bersama-sama dengan Sekretaris, Jeki Efri Yunas dan Anggotanya, Aldian Syahmubara mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Riau 2021 mengatakan bahwa sebenarnya ada 4 orang wartawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Ya awalnya kami mendaftar 4 orang, setelah berjalannya proses demi proses sehingga dari 4 peserta tersisa menjadi 3 peserta yang terus berjuang dan akhirnya berhasil dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN," terangnya.

Ke depan, diharapkan adanya support penuh dari Pemerintah Daerah agar seluruh wartawan bisa dinyatakan BERKOMPETEN dalam kegiatan jurnalistik.

"Semoga ke depan, ada dukungan dari Pemkab Kuansing terkait pelaksanakan atau mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau UKW ini, sehingga mampu melahirkan wartawan yang lebih berkualitas sehingga bisa menyokong cita cita menjadikan Kuansing yang Bermarwah," tutup Ketua IWO Kuansing.*