Momentum Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-237, Walikota: Pemerintah Tidak Bisa Sendiri Membangun Daerah


Dibaca: 1225 kali 
Rabu, 23 Juni 2021 - 23:17:42 WIB
Momentum Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-237, Walikota: Pemerintah Tidak Bisa Sendiri Membangun Daerah WaliKota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT langsung melakukan konferensi pers.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Hari jadi Kota Pekanbaru ke-237 tahun 2021 diperingati secara virtual di Aula Lantai 6 Komplek Perkantoran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Tenayan Raya, Rabu (23/06/2021). 

Peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke-237 yang ditandatai dengan upacara dan rapat paripurna secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

Turut hadir Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi Full SSi, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H Muhammad Jamil MAg MSi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru.

 Usai upacara dan rapat paripurna secara virtual, WaliKota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT langsung melakukan konferensi pers.

Kepada insan pers, Walikota menyampaikan, keberhasilan pembangunan daerah selama ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha serta para cendekiawan. Dan pemerintah hanya sebagai pendorong dalam sebuah pembangunan daerah. Maka pelaku pembangunan adalah masyarakat itu sendiri, terutama masyarakat dunia usaha.

"Kami menilai, pemerintah tidak bisa sendiri membangun daerah. Semua ini berkat peranan bersama-sama masyarakat dan pemerintah. Untuk, kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat," tutur Firdaus.
 
Dikatakan Walikota, peluang Pekanbaru menjadi kota provinsi di Pulau Sumatera akan dapat dicapai bila kerjasama antara umaroh dan ulama. Kemudian selalu bersinergi untuk berjuang bersama untuk merebut peluang dan tantangan yang ada. 

"Bagaimana generasi kita mampu membawa negeri ini ke kelas dunia, yang dapat berpeluang menjadi rangking empat dari tujuh negeri maju pada tahun 2040. SDM unggul Indonesia maju. Semoga apa yang kita rencakan ini dapat merebut peluang," ujar Firdaus sembari mengucap rasa syukur atas suksesnya perayaan hari jadi Pekanbaru. Walaupun perayaan tahun ini berbeda dari sebelumnya akibat pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah, hari ini kita merayakan hari jadi Pekanbaru. Upacara dan rapat kita lakukan semua virtual. Kita laksanakan sesuai kondisi saat ini," ujar Firdaus.

Dan pada hari jadi Kota Pekanbaru ke-237 tahun 2021 ini, Walikota menilai, hari jadi Pekanbaru saat ini sangat berarti. Dimana rangkaian kegiatan dan partisipasi masyarakat sangat bagus dalam menyambut hari jadi Pekanbaru. Tidak itu saja, rangkaian kegiatan hari jadi Kota Pekanbaru juga telah selesai dilaksanakan seperti lomba panahan di halaman Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada 20 Juni. Kemudian, penanaman bibit pohon kurma di sekitar Masjid Islamic Center pada 21 Juni 2021.

"Kami juga melaksanakan vaksinasi massal bagi 2.037 warga yang tinggal di sekitar Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada hari yang sama. Karena itu, semangat hari jadi kita jadikan kekuatan dalam menghadapi ujian dan tantangan dalam pandemi Covid-19 yang melahirkan krisis ekonomi dan kesehatan," katanya.

Rangkaian kegiatan HUT Pekanbaru lainnya berupa lomba untuk anak-anak kreatif di bidang teknologi terbaru. Lomba ini juga sudah menghasilkan para pemenang. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada para peserta lomba yang telah mengeluarkan ide-ide. Hasil karya yang sudah ditampilkan di publik itu juga merupakan kebahagiaan juga bagi kami," ucap Walikota seraya menyampaikan, dalam kondisi Covid-19 ini melahirkan nilai positif dan negatifnya. 

"Untuk nilai positifnya, kita menjadi masyarakat yang kreatif. Mau tidak mau masyarakat dipaksa untuk berinteraksi dan menggunakan teknologi IT dalam kehidupan sehari-hari saat pandemi. Hal ini untuk menghindari tatap muka dalam pencegahan penyebaran virus," katanya.

Dalam momentum hari jadi Pekanbaru ini, Firdaus berharap apa yang menjadi cita-cita pemerintah dalam pembangunan dapat tercapai.

"Dan Covid kita tekadkan agar tidak menjadi penghalang dalam meraih cita-cita tersebut. Maka, semangat dan tekad agar menjadi dorongan masyarakat Pekanbaru agar giat lagi dalam membangun negeri mencapai kemajuan dan kesejahteraan," ujar Firdaus.(*)


Penulis: Zulmiron