Wartawan Peduli Taman Nasional, PWI Riau akan Ekspedisi ke TNBT dan TNTN


Dibaca: 1082 kali 
Selasa, 06 Juli 2021 - 17:11:32 WIB
Wartawan Peduli Taman Nasional, PWI Riau akan Ekspedisi ke TNBT dan TNTN Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan melakukan ekspedisi ke Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) pada 06 hingga 08 Agustus 2021 mendatang.

Kegiatan yang mengusung tema "Wartawan Peduli Taman Nasional" ini sudah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Bahkan Tim khusus Ekspedisi yang dibentuk sudah survey langsung ke lokasi untuk melihat dan mencoba jalur atau track ekspedisi yang akan dilalui. Selain itu, pertemuan antara Kepala Balai TNTN dan TNBT dengan Ketua PWI Riau juga sudah berlangsung. 

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian wartawan terhadap kondisi Taman Nasional khususnya di Riau. Selain itu, juga disempenakan dengan Hari Jadi Provinsi Riau ke-63 yang jatuh pada tanggal 09 Agustus 2021 serta dalam rangka Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021.

''Ekspedisi ini kami nilai sangat penting untuk turut bersama-sama peduli dengan hutan Riau, khususnya yang berada dalam kawasan konservasi. Riau memiliki dua  taman nasional yang menjadi tujuan ekspedisi ini, yakni TNTN dan TNBT. Nanti, teman-teman wartawan sebanyak 50 orang yang ikut ekspedisi ini akan menulis tentang apa yang didapat selama kegiatan,'' beber Zulmansyah. 

Dijelaskan Zulmansyah, hasil semua tulisan karya wartawan yang mengikuti ekspedisi akan dibukukan, bahkan dilombakan. Tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah dan uang pembinaan. 

Kegiatan ekspedisi ini disambut baik oleh Kepala Balai TNBT Fifin Arfiana Jogasara SHut MSi. Hal tersebut disampaikan Fifin dalam pertemuan dengan Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang baru-baru ini. 

''Kami menyambut baik kegiatan ekspedisi. Kami sangat berterimakasih karena rekan-rekan wartawan melalui PWI ikut bersama-sama peduli taman nasional dengan hadir langsung dan menulis berbagai informasi. Kami akan bantu apa yang bisa kami bantu. Konservasi memang kerja bersama dan kolaborasi,'' kata Fifin.(*)