Potong 6 Hewan Kurban

Mesjid Al Fatah Unilak Sebar 240 Paket Daging ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19


Dibaca: 882 kali 
Rabu, 21 Juli 2021 - 09:29:13 WIB
Mesjid Al Fatah Unilak Sebar 240 Paket Daging ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19 Potong 6 Hewan Kurban, Mesjid Al Fatah Unilak Sebar 240 Paket Daging ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Hari Raya Idul Adha 1442, Keluarga besar Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyembilih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Penyembelihan diselenggarakan di halaman mesjid Al Fatah kampus Unilak, Selasa (20/07/2021). 

Pantauan dilokasi, sejak pukul setengah delapan pagi, peserta dan petugas kurban telah berkumpul dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan. Peserta kurban berasal dari dosen,dan karyawan di Unilak. Diantaranya, dari Rektor Unilak Dr.Junaidi, Direktur Pascsarjana Prof Dr Syafrani, Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto dan lain lain.

Pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan. Wakil Rektor I, II dan III yang yang merupakan peserta kurban kompak hadir sejak pagi untuk melihat prosesi jalan ibadah yang di perintahkan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim As ini.

Pemotongan hewan kurban melibatkan 15 pekerja. Turut serta mahasiswa dari pesantren Unilak, dan pemotongan sapi menggunakan kandang potong. Hewan kurban kemudian digiring ke dalam kandang dan kemudian direbahkan. Kandang potong ini lebih memudahkan dan lebih aman, serta prosesenya cepat.

Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom yang hadir mengatakan, mengucapkan syukur alhamdulillah. Karena semangat berkurban dari keluarga besar di tahun 2021 ini tetap tinggi, mesti pandemi, 

"Mesjid Al Fatah Unilak dapat melaksanakan pemotongan herwan Kurban. Terima kasih kepada panitia dan pekerja, kepada peserta kurban semoga menjadi ladang amal dan mendapatakan rezki berloimpah dari Allah SWT. Kita bersyukur pada tahun ini, mesjid menyembelih tiga ekor sapi, 3 ekor kambing. Kita berharap kegiatan ini tiap tahun berlangsung semoga tahun ini memberikan keberkahan kepada kita semua," tutur Zamzami.

Sementara itu, peserta kurban Riffa Hadia SP saat ditemui mengaku bersyukur dapat ikut berkurban tahun ini. 

Menurutnya, perjuangan Nabi Ibrahim As dan Ismail As mengajarkan ke iklasan dan mematuhi perintah Allah SWT. Dengan berkurban ikut berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan terlebih di masa Pandemi Covid 19 ini. Dan tahun ini perdana berkurban di Unilak, biasanya di lingkungan tempat tinggal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, M Algusyamsur SP menyebutkan, di tahun ini sebanyak 240 kupon diberikan kepada peserta kurban. Karyawan kontrak Unilak, petugas keamanan, pegawai dan masyarakat sekitar kampus. 

"Penerima daging kurban selain peserta, juga warga yang terdampak pandemi Covid 19. Semoga daging kurban yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat mengurangi beban warga dalam pemenuhan pangan di masa Covid 19," katanya.(*)