Teken MoU Dengan PT Artacomindo, Wabup Apresiasi Singingi Hilir


Dibaca: 1516 kali 
Jumat, 30 Juli 2021 - 23:51:45 WIB
Teken MoU Dengan PT Artacomindo, Wabup Apresiasi Singingi Hilir Foto: Istimewa

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Seluruh desa yang berada di Kecamatan Singingi Hilir segera akan dialiri internet desa berbasis satelit. Hal itu ditandai dengan telah dilakukannya penandatanganan Memorandum off Understanding (MoU) antara PT Artacomindo dengan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing pada Jum'at (30/07/2021).

Dimana penandatanganan tersebut dilakukan oleh pihak PT Artacomindo dengan Pemerintah Kecamatan Singingi Hilir yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby Ak MM.

Usai kegiatan dilaksanakan, Wabup Kuansing H Suhardiman Amby kepada HarianTimes.com menyampaikan bahwa secara pribadi maupun Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, ia sangat mendukung program internet desa berbasis satelit yang dilakukan oleh 3 desa yang ada di Kecamatan Singingi Hilir tersebut.

"Kita sangat mendukung program internet desa berbasis satelit ini, dimana ini juga dalam rangka memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat, terutama di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini," jelas Suhardiman Amby.

Suhardiman Amby berharap, dengan adanya program kerjasama ini ke depannya bisa lebih memudahkan untuk memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

"Terutama untuk pelayanan cepat kepada masyarakat, kemudian juga bisa memudahkan proses belajar mengajar yang saat dilakukan dengan sistem daring akibat terjadinya Covid 19," kata Suhardiman.

Dimana program ini sejalan dengan program yang ditengah digalakkan oleh Pemprov Riau, yakni program menuju Provinsi Riau Digital. "Dukungan itu disertai dengan kucuran Bankeu sebesar Rp 75 juta per desa," kata Suhardiman Amby.

Untuk itu dirinya berharap, ke depan desa-desa yang masih terganggu jaringan internetnya agar fokus dalam memajukan desa dengan melaksanakan program internet desa tersebut. "Ya intinya untuk tetap menjaga prokes, dan dengan adanya layanan ini tentu memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan informasi," kata Suhardiman.

"Selain itu juga mempermudah untuk melakukan promosi promosi terkait produk yang dihasilkan desa serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya," tandas Suhardiman.

Sementara itu Camat Singingi Hilir, Risman Ali SE MSi menyampaikan bahwa dirinya sangat berharap dengan dilakukannya MoU tersebut, ke depan Kecamatan Singingi bisa menjadi kecamatan yang terdepan dan berkemajuan.

"Ke depan program internet desa ini diharapkan bisa mengangkat potensi potensi yang sudah ada selama ini di Kecamatan Singingi Hilir nantinya," kata Camat.

"Setiap desa bisa mempromosikan produk produk unggulannya melalui program internet desa ini nantinya. Disamping memberikan pendapatan untuk BUMDes, juga menghasilkan PADes untuk desanya. Dengan demikian kemandirian pembangunan di Kecamatan Singingi Hilir bisa segera tercapai," papar Risman Ali.

Menurut Risman Ali, untuk tahap awal tahun ini di Kecamatan Singingi Hilir ada 3 desa yang melaksanakan program internet desa, yakni Desa Sungai Buluh, Sumber Jaya dan Muara Bahan.

"Untuk tahap pertama ini 3 desa, ke depan semua desa yang ada di Kecamatan Singingi Hilir ini diharapkan sudah terkoneksi dengan internet ini," tutup Risman.*