Sempena Hari Jadi Provinsi Riau ke-64

12 Tokoh Pejuang Terima Penghargaan dan Sagu Hati


Dibaca: 2457 kali 
Ahad, 08 Agustus 2021 - 23:03:11 WIB
12 Tokoh  Pejuang Terima Penghargaan dan Sagu Hati Buya Mansur Abdul Jabbar

Pekanbaru, Hariantimes.com - Bersempena hari jadi Provinsi Riau ke-64, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau   akan memberikan penghargaan kepada 12 tokoh pejuang daerah yang berasal dari 12 kabupaten/kota se.Provinsi Riau. 

Penghargaan  tersebut akan diberikan kepada ahli waris pada acara Sidang Paripurna Hari Jadi Provinsi Riau ke-64 di Gedung DPRD Provinsi Riau, Senin (09/08/2021).

"Insya Allah, penghargaan dan sagu hati diberikan kepada ahli waris mewakili para pejuang  yang sudah meninggal," sebut  Kepala Dinas Sosial (Dissos) Provinsi Riau Tengku Zul Effendi kepada pers, Minggu (08/08/2021).

Zul Effendi menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut sebagai tanda jasa terhadap para pejuang dan tokoh yang semasa hidupnya telah memberikan  andil dalam perjuangan mewujudkan Provinsi Riau.

"Para pejuang dan tokoh yang menerima penghargaan ini telah berkontribusi memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga membangun Provinsi Riau saat itu," ucapnya.

Untuk diketahui, penghargaan yang akan diserahkan kepada 12 tokoh pejuang berupa sertifikat, buku, pin dan  sagu hati kepada ahli waris. 

Sementara Fakhrunnas MA Jabbar mewakili ahli waris dari Buya Mansur Abdul Jabbar mengungkapkan rasa bahagianya atas penghargaan bagi almarhum orangtuanya. Ini bermakna juga sebagai pengakuan atas kontribusi yang dilakukan Buya Mansur semasa hidupnya dalam bidang sosial, pendidikan dan keagamaan.

"Penghargaan ini tentu akan dapat memberi motivasi kepada anak keturunan dari Ayah kami serta masyarakat Riau secara keseluruhan," ujar anak keenam dari pasangan Buya Mansur Abdul Jabbar dan Hj Aminsuri Wahidy. 

Dari 12 anak pasangan ini, tinggal empat orang yang masih hidup yakni Firdaus MA Jabbar, Roslaili MA Jabbat, Fakhrunnas MA Jabbar dan Faizah MA Jabbar.

12 pejuang daerah yang akan menerima penghargaan sempena Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau tahun 2021: 

1. Pekanbaru, H. ANWAR DIMAN, H. Zulkifli Anwar, S.H.
2. Siak, WAN GHALIB, Wan Fachrudin
3. Kampar, BUYA MANSUR ABDUL JABAR, Ir. Fakhrunnas MA Jabbar,
4. Rokan Hulu, T. KAMAROEL ZAMAN, Hj. T. Sri Susilawati, S.H
5. Rokan Hilir, ABDULLAH SUKUB, Drs. H. Syahruddin.AS., BSc.
6. Indragiri Hulu, DR. H. ENCIK OEMAR SYARIF (DATOK TEMENGGUNG), Encik E. Ali Syafrizal, S.Sos
7. Kuantan Singingi, PROF. DR. MUKHTAR LUTFI, Hj. Atunsiah M. Lutfi
8. Kepulauan Meranti, MAS SELAMAT, Sumarno 
9. Dumai, T. SAID MUHAMMAD ALYDRUS, Said Amir 
10. Indragiri Hilir, TUAN GURU KH. BUSTAMI QADRI BIN H. QADRI, Hj.Nurlaili 
11. Bengkalis, H. MUHAMMAD, M. Naser Faisal AP. 
12. Pelalawan, H.T. SAID OEMAR ALJUFRI, H T S Ubaydillah. (*)