Senin Depan, Kuansing Mulai Berlakukan Belajar Mengajar Tatap Muka Di Sekolah


Dibaca: 1788 kali 
Sabtu, 14 Agustus 2021 - 13:22:27 WIB
Senin Depan, Kuansing Mulai Berlakukan Belajar Mengajar Tatap Muka Di Sekolah Pj Sekda Kuansing Dr Agus Mandar SSos MSi

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Mulai Senin, 16 Agustus 2021 seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah diberlakukan belajar tatap muka di sekolah.

Hal itu dibenarkan oleh Pj Sekda Kuansing Dr Agus Mandar SSos MSi saat di konfirmasi HarianTimes.com di Teluk Kuantan, Sabtu (14/08/2021) terkait pro dan kontra pemberlakuan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, mulai Senin pekan depan.

"Iya, Senin depan sudah mulai diberlakukan proses belajar di sekolah masing masing dengan ketentuan sesuai dengan aturan yang ada, dalam SE Bupati Kuansing membolehkan, namun harus mengikuti dan sesuai dnegan protokol kesehatan Covid 19," jelas Pj Sekda Kuansing.

Menurut Pj Sekda Agus Mandar mengatakan, bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah juga disertai dengan persetujuan dan arahan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi.

"Sebelumnya kita sudah merapatkan dengan Forkopinda, OPD, dan tokoh dalam mencarikan solusi agar sekolah bisa dilakukan dengan tatap muka di sekolah," jelas Agus Mandar.

Dimana sesuai ketentuan yang ada, kata Agus Mandar, sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Kuantan Singingi Nomor 100/Setda-TPK/968, yakni pada point pertama berbunyi Pelaksanaan Belajar Mengajar di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/1ß/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MEMÆS/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

"Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen)," kata Agus Mandar.

Kecuali sambung Agus Mandar, untuk SDLB, MILB, SMPLB dan SMLB, MALB maksimal 62% (enam puluh dua persen) sampai dengan 100% (seratus persen) dengan menjaga jarak minimal 1,5 m (satu koma lima meter) dan maksimal 5 (lima) peserta didik per kelas, katanya.

"Kemudian untuk PAUD maksimal 33% (tiga puluh tiga persen) dengan menjaga jarak minimal 1,5 m (satu koma lima meter) dan maksimal 5 (lima) peserta didik per kelas," jelas Agus Mandar yang sudah tiga kali menduduki jabatan Sekda Kuansing itu. Pertama awal 2018 sebagai Plh Sekda, Kedua awal tahun 2021 sebagai Plt Sekda dan saat ini menjabat sebagai Pj Sekda Kuansing.*