Operasi Yustisi Gabungan Skala Besar Dilakukan Serentak Se-Kabupaten Kuansing


Dibaca: 1463 kali 
Ahad, 15 Agustus 2021 - 21:45:00 WIB
Operasi Yustisi Gabungan Skala Besar Dilakukan Serentak Se-Kabupaten Kuansing https://youtu.be/hnf2iqFu-ag

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Gelar Operasi Yustisi Berskala Besar, Polres Kuansing bersama Penghubung TNI Kuansing Kodim 0302 Inhu, Satpol PP Kuansing, Diskominfo, Dishub serta Dinkes Kuansing serentak dengan Polsek Jajaran se Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kasubbag Humas Polres AKP Tapip Usman SH kepada HarianTimes.com di Teluk Kuantan, Ahad (15/08/2021).

Tim Operasi Yustisi berpatroli melakukan penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan memberikan himbauan protokol kesehatan (Prokes) 5M serta Penyekatan kepada warga masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19, yang dilaksanakan secara serentak oleh Polres Kuansing serta Polsek Jajaran pada Sabtu (14/08/2021) dimulai pukul 21.00 hingga pukul 00.00 WIB tengah malam, jelas Kasubbag Humas Polres Kuansing.

Dimana patroli penegakan PPKM Level III di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi melibatkan sebanyak 138 orang personil gabungan tersebut, dilaksanakan berdasarkan Inmendagri Nomor 32 Tahun 2021, Instruksi Gubernur Riau Nomor 148/INS/HK.2021, SE Bupati Kuansing Nomor 100/Setda.TPK/919.

"Dimana kegiatan ini dengan Stasioner sebanyak 33 lokasi dan Mobile sebanyak 12 lokasi di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi," jelas Kasubbag Humas Polres Kuansing.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan dengan sasaran, yakni warga masyarakat Kabupaten Kuansing, tempat-tempat keramaian, tempat usaha, warung, caffee, dan lain sebagainya, guna mengurai dan mencegah kerumunan atau berkumpulnya warga dengan harapan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kata Kasubbag Humas Polres.

Untuk lokasi utama, tempat atau lokasi kegiatan yakni gabungan Polres Kuansing dan Polsek Kuantan Tengah, Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Kuansing Kompol Antoni Lumban Gaol SH MH didampingi Kabag Ops Polres Kompol Erde Dianto SH, Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Susiyanto Basuki SPd, Kasat Pol PP Kuansing Erdiansyah SSos MSi, Plt Kadis Kesehatan Kuansing Jafrinaldi AP MIP, Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Rocky Junasmi SIK MH, Kasat Intel Polres AKP Riand Samudro SIK MSi, Kasat Binmas Polres AKP Efrion, Kasat Sabhara Polres AKP Hajjarul Aswadiman, Kasat Reskrim Polres AKP Boy Marudut Tua SH, Kasat Narkoba Polres AKP Pereddy Nababan SH MH serta Kabid Opsdal Satpol PP Kuansing Shanti Evi Dimeti SH.

"Kegiatan dilaksanakan dilokasi ini di sepanjang Jalan Sudirman dari Mapolsek Kuantan Tengah ke Pasar Benai. Kemudian sepanjang Jalan Sudirman dari Mapolsek Kuantan Tengah ke Desa Muaro Sentajo," kata Kasubbag Humas AKP Tapip Usman SH.

Selain itu, sambung Kasubbag Humas Polres Kuansing, juga dilakukan penyekatan di beberapa lokasi, seperti di Simpang Mesjid Raya, Simpang Klinik Taswin dan Simpang Sentajo Motor Teluk Kuantan, ujarnya.

"Kegiatan ini juga diikuti oleh Polsek Jajaran Polres Kuansing di wilayah hukumnya masing-masing," jelas Kasubbag Humas Polres Kuansing.

Polsek Pangean dipimpin langsung oleh Kapolsek Pangean Iptu Sony Jaselman Ritonga SH dengan kekuatan sebanyak 4 personil Polsek Pangean.

"Untuk lokasinya ada 3 tempat, yakni Warung Bayu di Desa Sako Kecamatan Pangean, Warung Marjan di Desa Sako Kecamatan Pangean serta Warung Sudin di Desa Sako Kecamatan Pangean," kata AKP Tapip Usman SH yang merupakan mantan Kapolsek Kuantan Hilir.

Untuk di wilayah hukum Polsek Kuantan Hilir, juga dipimpin langsung oleh Kapolsek Kuantan Hilir Iptu Asril SSos MH dengan kekuatan personil Polsek Kuantan Hilir sebanyak 4 Orang.

"Lokasi kegiatannya di seluruh wilayah Kelurahan Pasar Usang Baserah Kecamatan Kuantan Hilir dan Pasar Baru Baserah Kecamatan Kuantan Hilir," sebut Tapip.

Sementara itu, di wilkum Polsek Hulu Kuantan kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Hulu Kuantan AKP Sahardi SH dengan kekuatan personil sebanyak 5 orang.

Disini juga ada 3 lokasi sasaran kegiatan, yakni Warung Wito Kecamatan Hulu Kuantan, Warung Andit Kecamatan Hulu Kuantan serta Warung Isal Kecamatan Hulu Kuantan, ujar Kasubbag Humas Polres Kuansing berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu.

Polsek Singingi, sambungnya, kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Singingi Iptu Koko Ferdinand Sinuraya SH MH dengan kekuatan 3 orang personel Polsek Singingi.

"Lokasi kegiatannya di fokuskan di Pasar Muara Lembu Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi," tukasnya.

Kemudian di wilkum Polsek Singingi Hilir, kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Singingi Hilir AKP Waras Wahyudi SH dengan kekuatan personil sebanyak 2 orang.

"Kegiatan di fokuskan di wilayah Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir," ujarnya.

Selanjutnya di Polsek Logas Tanah Darat (LTD), kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Logas Tanah Darat Iptu Baretta Nainggolan SH MH serta dengan kekuatan personil sebanyak 3 orang.

"Untuk lokasinya fokus di Desa Perhentian Luas Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuansing," ucapnya.

Untuk di wilkum Polsek Cerenti, kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH dengan kekuatan personil Polsek Cerenti sebanyak 3 orang dan personil TNI Koramil 06 Cerenti 1 orang.

"Lokasi kegiatannya ada 2, yakni di Desa Kampung Baru Cerenti Kecamatan Cerenti dan Kelurahan Pasar Cerenti Kecamatan Cerenti," kata AKP Tapip Usman SH yang juga merupakan mantan Kasat Narkoba Polres Kampar itu.

Sedangkan di wilkum Polsek Benai, kegiatan juga dipimpin langsung oleh Kapolsek Benai Iptu Donald Jonson Tambunan SH dengan kekuatan 3 orang personil Polsek Benai.

"Lokasi kegiatannya dilakukan di seluruh warung warung yang ada di wilayah hukum Polsek Kecamatan Benai," jelasnya.

Terakhir di wilkum Polsek Kuantan Mudik, kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry Martianus Fadillah SH dengan kekuatan personil gabungan, yakni TNI Koramil 08 Kuantan Mudik sebanyak 1 orang, Polsek Kuantan Mudik 4 orang, UPTD Kesehatan Puskesmas Lubuk Jambi 2 orang, serta staf Kantor Camat Kuantan Mudik sebanyak 1 orang.

"Lokasi kegiatan digelar di 2 tempat, yakni Warung Sate Andi Kelurahan Pasar Lubuk Jambi dan Warung Kelontongan Desa Banjar Padang," jelas AKP Tapip Usman.

"Kepada pelaku usaha dan pengunjung serta masyarakat yang melanggar protokol kesehatan Covid 19, dikenakan sanksi Swab Antigen di tempat. Alhamdulillah hasilnya negatif semua," tutupnya.*