Gelar Operasi Gabungan Penertiban dan Penindakan Aktifitas PETI

Sat Reskrim Polres Kuansing dan Polsek Cerenti Musnahkan 9 Rakit PETI di Inuman


Dibaca: 2101 kali 
Jumat, 27 Agustus 2021 - 20:45:00 WIB
Sat Reskrim Polres Kuansing dan Polsek Cerenti Musnahkan 9 Rakit PETI di Inuman Foto: Istimewa

INUMAN, HarianTimes.com - Tim Gabungan Satuan Resort Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kuansing dan Polsek Cerenti Jajaran menggelar operasi penertiban dan penindakan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) pada Kamis (26/08/2021) siang di lokasi Dusun Petai Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dalam giat operasi penertiban dan penindakan aktivitas PETI yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Boy Marudut Tua SH dan Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH ini, Tim Gabungan Opsnal Jajaran Polres Kuansing menemukan sebanyak 9 unit rakit PETI di lokasi tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua SH dan Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH saat dikonfirmasi HarianTimes.com pada Jum'at (27/08/2021) melalui via sellulernya.

Hal ini dilakukan menindak lanjuti laporan dari masyarakat masih adanya aktivitas PETI di wilayah hukum (wilkum) Polsek Cerenti, Kapolsek AKP Wan Mantazakka SH berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Boy Marudut Tua SH guna melaksanakan penertiban dan penindakan bersama.

"Dimana pada Kamis (26/08/2021), sekira pukul 10.30 WIB tim bergerak dari Mapolsek Cerenti menuju lokasi yang menjadi target operasi, yaitu Dusun Petai Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman," kata Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua SH.

Adapun lokasi tempat beroperasinya kegiatan PETI jenis dompeng berupa hamparan luas dan terbuka, yang disekitarnya sudah berupa tumpukan batu kerikil dan diselang-selingi dengan aliran atau kolam air sehingga personil Gabungan Sat Reskrim Polres Kuansing dan Polsek Cerenti kesulitan menjangkau TKP dengan cepat.

"Sampai di lokasi tim menemukan adanya sebanyak 9 rakit dompeng yang diduga sebagai alat melakukan aktifitas PETI, 3 unit diantaranya dalam keadaan beroperasi, sedangkan 6 unit lainnya dalam keadaan standby atau tidak beroperasi," jelas Kasat Reskrim Polres AKP Boy Marudut Tua SH.

Pada saat operasi ini berlangsung, Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Boy Marudut Tua SH dan Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH didampingi oleh Kanit Tipiter Sat Reskrim Ipda IR Siagian SH MH beserta 3 orang personil Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Kuansing, Kasub Sektor Inuman Ipda Romlan, Kanit Reskrim Polsek Cerenti Aipda Erwin SKom MH, Kasium Polsek Cerenti Bripka Dendi O beserta 9 orang personil Polsek Cerenti.

"Pada saat personil tiba di TKP, para pelaku dompeng langsung melarikan diri kearah hutan dan areal kebun sekitar lokasi dompeng," terang Kasat Reskrim Polres Kuansing.

Kemudian terhadap 9 unit rakit PETI dan mesin dompeng yang berhasil ditemukan Tim Gabungan di lokasi tersebut, dilakukan pengrusakan dan pemusnahan langsung di tempat, kata Kasat Reskrim.

"Di musnahkan dengan cara merusak mesin dompeng agar tidak dapat dipergunakan kembali. Menumbangkan rakit PETI dengan cara memotong tiang tiang menggunakan mesin Chainsaw  sehingga asbuk yang digunakan untuk menampung tanah sedotan rubuh dan tidak dapat dipergunakan kembali," tegas AKP Boy Marudut Tua.

 "Selain itu personil juga mengamankan Barang Bukti atau BB, sebanyak 9 unit filter Oli dan 9 unit filter solar, dan memasang spanduk dilokasi tentang himbauan larangan aktivitas PETI," tambah Boy seraya mengakhiri percakapan.

Secara terpisah, Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH mengatakan bahwa Tim Gabungan Sat Reskrim Polres Kuansing dan Polsek Cerenti awalnya berangkat menuju lokasi dengan menggunakan sebanyak 2 unit mobil dan 7 unit sepeda motor jenis trail. Namun karena medan yang dilalui cukup sulit, tim melanjutkan dengan sepeda motor dan berjalan kaki ke lokasi tersebut.

"Jalan menuju lokasi hanya bisa ditempuh dengan kendaran khusus roda 2 jenis tracker atau trail dan berjalan kali," terang Kapolsek Cerenti.

"Lokasi merupakan area terbuka, hamparan luas sehingga kehadiran tim mudah diketahui dari jarak jauh oleh pelaku aktivitas PETI, sehingga mereka bisa kabur meloloskan diri sebelum personil sampai di TKP, " terang AKP Wan Mantazakka.

Kegiatan berakhir sekitar pukul 14.00 WIB, selama kegiatan berlangsung situasi aman terkendali, dan seluruh personil yang terlibat dalam keadaan baik dan sehat, kata Kapolsek.

Kapolsek Cerenti menegaskan, pihaknya tidak akan pernah berhenti memerangi pelaku Tindak Pidana (TP) PETI tersebut. "Karena ini melawan hukum dan merupakan tindak pidana serta merusak lingkungan dan alam," tutup Wan Mantazakka.*