Bapas Pekanbaru dan Santri Tani NU Teken Perjanjian Kerjasama


Dibaca: 981 kali 
Kamis, 09 September 2021 - 21:36:35 WIB
Bapas Pekanbaru dan Santri Tani NU Teken Perjanjian Kerjasama Bapas Pekanbaru dan Santri Tani NU Teken Perjanjian Kerjasama.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pekanbaru dan DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (NU) menandatangani perjanjian kerjasama, Kamis (09/09/2021).

Penandatangan kerjasama itu  disaksikan
Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru M Lukman dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau M Hilal.

Kegiatan ini dibuka dengan doa oleh KH Zainunddin Umnur. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama Kepala Bapas Kelas II Pekanbaru Patta Hellena dan Ketua Umum DPP Santri Tani NU Tengku Rusli Ahmad.

Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, klien Bapas yang masih dalam masa bimbingan baik klien yang terdiri dari Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat dan Asimilasi yang masih  dalam bimbingan, Santri Tani NU akan menerima mereka untuk kegiatan pelatihan kemandirian pada program yang ada di DPP Santri Tani NU seperti perkebunan, pertanian, pertenakan dan perikanan.

Mereka juga dilatih untuk menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab sehingga mereka punya bekal untuk kembali ke tengah masyarakat.

"Saudara-saudara kita yang masih menjadi klien Bapas, kita akan latih, bina dan mengajak untuk bekerja sesuai dengan hobinya. Jika mereka hobi perikanan kita akan arahkan ke perikanan. Ini juga akan merubah imej masyarakat terhadap mereka," ujar Ketua DPP Santri Tani NU Tengku Rusli Ahmad.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan, M Hilal menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat memperolah manfaat bagi mereka yang masih menjadi klien Bapas. Ini juga memotivasi mereka memiliki jiwa mandiri dengan menyentuh internal motivasinya, tidak ada orang sukses kecuali mereka punya niat untuk berubah.(*)