Pekan Ini

Bupati Keluarkan Perbup, ASN Mulai Gunakan PDH Batik Kuansing


Dibaca: 3974 kali 
Ahad, 12 September 2021 - 17:09:42 WIB
Bupati Keluarkan Perbup, ASN Mulai Gunakan PDH Batik Kuansing Foto: Bupati Kuansing Andi Putra SH MH

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Akhirnya, Bupati Kuansing Andi Putra SH MH mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Honorer dilingkungan Pemkab Kuansing.

Pada Perbup Nomor 36 Tahun 2021 tersebut, sekaligus di tegaskan tentang penggunaan Batik Khas Kuansing baik oleh ASN maupun Honorer, dan akan di berlakukan mulai pekan ini, ujar Pj Sekda Dr Agus Mandar SSos MSi usai  Rapat Sosialisasi bersama Kepala OPD, akhir pekan lalu di Teluk Kuantan.

Dijelaskan Agus Mandar, untuk ASN pada hari Senin dan Selasa mengenakan PDH Khaki, sedangkan perempuan ditambah jilbab warna kuning mustard. Sedangkan untuk hari Rabu, tetap mengenakan PDH Hitam Putih, sedangkan perempuan, jilbabnya berwarna pink Salem.

Sedangkan untuk hari Kamis, mengenakan PDH Batik Kuansing, dan untuk perempuan jilbab menyesuaikan dengan baju tanpa motif. Dan untuk hari Jum'at, mengenakan baju melayu lengkap.

Sementara untuk tenaga Honorer, di tetapkan Senin hingga Rabu mengenakan PDH Hitam Putih, dan untuk perempuan mengenakan jilbab Pink Salem, dan untuk Kamis dan Jum'at menyesuaikan dengan ASN, jelas Agus Mandar.

"Untuk instansi lain, yang mengenakan pakaikan khusus juga sudah di atur, termasuk guru, dan nantinya surat edaran dikirim ke instansi masing masing," ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Kuansing Andi Putra SH MH telah mewacanakan perihal penggunaan Batik Kuansing pada hari tertentu untuk seluruh ASN dan Honorer di lingkungan Pemkab Kuansing. Hal ini di maksudkan, selain gerakan cinta produk lokal, juga untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kepada HarianTimes.com, Andi Putra menegaskan, Ahad (12/09/2021) hal ini bentuk upaya kita meningkatkan produktifitas produk UMKM di Kuansing. "Mudah mudahan dengan upaya ini, permintaan akan produk lokal hasil karya anak negeri bisa lebih meningkat, dan Batik Kuansing bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat, baik di Riau hingga nasional," tutupnya.*