Dosen Unilak Bantu Penyusunan Site Plan Desa Ekowisata Pengambangan Limbungan


Dibaca: 961 kali 
Selasa, 14 September 2021 - 15:14:08 WIB
Dosen Unilak Bantu Penyusunan Site Plan Desa Ekowisata Pengambangan Limbungan Dosen Unilak Bantu Penyusunan Site Plan Desa Ekowisata Pengambangan Limbungan.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Satu diantara bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Lancang Kuning (Unilak) adalah pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu, Dosen Fakultas Kehutanan Unilak memberikan bantuan bagi masyarakat. Bantuan tersebut berupa penyusunan site plan Desa ekowisata Pengambangan Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pekanbaru.

Dosen Fahutan yang turut membantu pengembawan site plan yaitu sebagai ketua Hadinoto SHut MSi, Eni Suhesti SHut MSi dan Agus Basri Saptono ST MT (Dosen Fakultas Teknik).

"Penyusunan site plan ini sangat penting, karena menjadi dasar dalam pengembawan Ekowisata Desa Pengembangan, jika sudah memiliki site plan maka detail pengembangn semakin jelas," ujar Hadinoto SHut MSc, Selasa (14/09/2021).

Saat kegiatan, Dosen Fahutan melakukan sosialisai tentang konsep site plan ekowisata.

"Kami juga melakukan pendampingan agar pengelola mengerti arah pengembandan desa ini. Di saat itu kami juga melakukan penanam pohon bersama warag dan pengelola, turut hadir lurah Limbungan," katanya.

Dijelaskan Hadinoto, saat sosialisasi diikuti oleh 25 peserta. Ada warga masyarakat dan Porkdawis. Manfaat kegiatan ini untuk meningkat pengetahuannya tentang tentang konsep site plan ekowisata. Kemudian memiliki keterampilan dalam menyusun site plan ekowisata, memahami kemampuan untuk menerapkan site plan ekowisata, serta kemampuan memilih dan menanam jenis tanaman/pohon yang sesuai dengan kondisi lahan.

"Saat kegiatan peserta cukup antusias. Mereka terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian ini dan berharap ada bimbingan dari tim pengabdian dalam mengembangkan desa ekowisata. Dan sampai saat ini masih dilakukan pendampingan," ujar Hadinoto.(*)