Pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning 2021 Serentak Polres Jajaran Polda Riau

Gelar Pelatihan Personil, Polres Kuansing Laksanakan Operasi Mulai Senin Depan


Dibaca: 977 kali 
Jumat, 17 September 2021 - 23:09:00 WIB
Gelar Pelatihan Personil, Polres Kuansing Laksanakan Operasi Mulai Senin Depan Foto: Istimewa

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Mulai pekan depan, Kepolisian Resor (Polres) Kuantan Singingi (Kuansing) akan melakukan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 dalam Rangka Memberikan Edukasi Prokes dan Tertib Berlalu Lintas Kepada Masyarakat Secara Simpatik dan Humanis, serentak di jajaran Polda Riau, yang akan dimulai pada Senin, 20 September 2021 hingga 03 Oktober 2021.

Maka dari itu, sebelum dimulainya pelaksanaan operasi patuh tersebut, Polres Kuansing memberikan pembekalan dalam Pra Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 bagi personil, Kamis (17/09/2021) di Aula Sanika Satyawada Polres Kuansing.

Dimana Operasi Patuh Lancang Kuning 2021 ini terdiri dari Satuan Tugas yaitu Satgas Operasi terdiri dari 3 Satgas, yakni Satgas Preventif, Satgas Preemtif dan Satgas Ban Ops.

Kegiatan pembekalan tersebut dipimpin langsung Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi, dan diikuti oleh Waka Polres Kompol Antoni Lumban Gaol SH MH, Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Erde Dianto SH, Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Rocky Junasmi SIK MH, KBO Lantas Polres Kuansing Iptu H Yuhelmi, Kasi Was Polres Kuansing Iptu Bj Keramis, Kasi Propam Polres Kuansing Iptu Muslim, Kanit Patroli Sat Lantas Polres Kuansing Ipda Iwan Fikri SSos, Kanit Laka Sat Lantas Polres Kuansing Ipda Bambang Syaputra, Paur Bag Ops Polres Kuansing Ipda Abdul Razak dan Peserta Lat Pra Ops Polres Kuansing lainnya.

Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kabag Ops Kompol Erde Dianto SH membenarkan, Kamis (17/09/2021) siang bahwa pelatihan ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning 2021.

"Dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis dan Jum'at, 16 dan 17 September 2021, operasi ini dilaksanakan selama 14 hari yang akan dimulai pada Senin, 20 September 2021," terang Kabag Ops Polres Kuansing.

Sedangkan tujuan pelatihan ini, sambung Kabag Ops, adalah agar pelaksanaan secara benar dan tidak melanggar aturan sehingga tercapai tujuan operasi, yaitu kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas serta Protokol Kesehatan (Prokes) dimasa pandemi Covid 19 saat ini, ungkap Erde.

Dalam pelatihan tersebut, Waka Polres Kuansing Kompol Antoni Lumban Gaol SH MH meminta dengan tegas agar personil melakukan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 dengan bersungguh-sungguh agar tidak ada temuan terhadap masalah penyerapan anggaran nantinya, ucap Waka Polres Kuansing.

Dalam operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari atau dua pekan nantinya, Waka Polres minta agar petugas menjalan tugasnya dengan edukasi dan humanis kepada masyarakat.

"Operasi Patuh Tahun 2021 dilaksanakan secara simpatik dan humanis, namun apabila ada pelanggaran didepan mata akan kita lakukan penindakan atau penilangan terhadap pelanggar lalu lintas nantinya," tegas Kompol Antoni Lumban Gaol.

Hal itu juga diperkuat oleh Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Rocky Junasmi SIK MH terkait pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 nantinya.

"Lakukan dengan tekhnik dan cara cara yang benar serta humanis kepada masyarakat dalam melakukan upaya penindakan terhadap pelanggaran yang ditemukan nantinya," tegas AKP Rocky Junasmi.

Sementara itu, dari tim Urkes (Urusan Kesehatan) Polres Kuansing, disampaikan Bripka Dora AMd terkait pola dan penyampaian edukasi terhadap masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

"Kita berikan penyampaian dengan baik dan benar, sebagai edukasi kepada masyarakat, terkait Protokol Kesehatan (Prokes) dalam situasi pandemi Covid 19, terutama dalam berkendara," tutur Bripka Dora.*