Istana Siak Kembali Dibuka, Pengunjung yang Ingin Masuk Harus Telah Divaksin


Dibaca: 322 kali 
Ahad, 19 September 2021 - 12:34:41 WIB
Istana Siak Kembali Dibuka, Pengunjung yang Ingin Masuk Harus Telah Divaksin Hari pertama dibuka, Istana Siak dikunjungi langsung oleh Gubri Syamsuar, Sabtu (18/09/2021).

Siak, Hariantimes.com - Istana Siak yang berada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau kembali dibuka.

 Hari pertama dibuka, Istana Siak dikunjungi langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Sabtu (18/09/2021). 

Dikesempatan itu, Gubri menghimbau pengunjung yang datang berwisata di Istana Siak tetap taat terhadap protokol kesehatan (prokes) yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 

"Hari ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak telah membuka Istana Siak untuk masyarakat. Walaupun masyarakat sudah rindu untuk berkunjung ke Siak Sri Indrapura dan melihat Istana yang dibanggakan, kami harapkan prokes tetap diperhatikan," pesan Gubri.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak bersama Satgas Covid-19, kata Syamsuar, telah mempersiapkan segala pelayanan terbaik agar pengunjung terhindar dari penularan Covid-19. 

"Karena itu patuhi saja himbauan pemerintah sehingga tanpa mengurangi kegiatan mengikuti wisata di Siak, masyarakat bisa terhindar dari Covid-19 dan kami harapkan juga ekonomi masyarakat khususnya usaha kecil dan mikro bisa bangkit kembali," sebut Gubri. 

Sementara itu, Wakil Bupati Siak Huzni Merza mengucapkan terimakasih atas kunjungan orang nomor satu di Riau saat hari pertama Istana Siak resmi dibuka setelah PPKM level 4. 

"Mewakili Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur yang telah berkunjung dihari pertama Istana Siak dibuka setelah kita sempat dilanda PPKM level 4," ucap Huzni seraya berharap pengunjung tetap disiplin menjalan protokol kesehatan selama berwisata di Siak Sri Indrapura agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Bagi pengunjung yang ingin masuk ke istana harus telah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama yang ditandai dengan memperlihatkan sertifikat vaksin.
Apabila pengunjung belum melakukan vaksinasi, dapat memperlihatkan hasil test antigen dengan keterangan negatif," sebut Huzni Merza.

Tidak hanya itu, katanya, pengunjung yang ingin menikmati wisata Istana Siak juga diwajibkan untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi yang mana hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat kepada Pengelola Wisata, Penginapan, dan Kuliner. 

"Sesuai Inmendagri, kita sekarang diperbolehkan membuka wisata Istana Siak dengan Protokol Kesehatan ketat, dan setiap pengunjung kami minta untuk mendownload aplikasi PeduliLindingi," ujar Huzni. 

Tidak hanya berlaku bagi pengunjung saja, seluruh petugas Istana Siak kata Huzni, juga divaksin Covid-19.

Bahkan para pelaku usaha yang berada di lingkungan Istana juga akan diperlakukan sama, sehingga meskipun berwisata di tengah pandemi masyarakat tetap aman dan terhindar dari penularan virus Corona. 

"Kita tidak ingin dengan dibukanya Istana Siak ini nanti malah terjadi lonjakan kasus," katanya.(*)