Konsisten Lakukan Program Compact-2 MCC, Bappenas Apresiasi Pemprov Riau


Dibaca: 296 kali 
Selasa, 05 Oktober 2021 - 19:07:10 WIB
Konsisten Lakukan Program Compact-2 MCC, Bappenas Apresiasi Pemprov Riau Rapat Tindak Lanjut Usulan Proyek Pembiayaan Infrastruktur Program Compact-2 MCC di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (05/10/2021). 

Pekanbaru, Hariantimes.com - Sejak awal program Compact-2 dilaksanakan, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar telah memberikan fokus pada infrastruktur.

Program ini diarahkan untuk meningkatkan produktifitas yang bersumber dari dana hibah Millenniun Challenge Corporation (MCC) Amerika.

Bahkan, Pemerintah Indonesia dan MCC telah menyusun kajian faktor penghambat pertumbuhan dan fokus yang harus disasar oleh Pemerintah Indonesia melalui program Compact-2. 

"Program ini perlu diarahkan untuk meningkatkan produktifitas ekonomi melalui pengembangan infrastruktur dan UMKM," kata Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas selaku Ketua Tim Pengarah Persiapan dan Pengembangan Program Compact-2, Himawan Hariyoga Djojokusumo dalam Rapat Tindak Lanjut Usulan Proyek Pembiayaan Infrastruktur Program Compact-2 MCC di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (05/10/2021). 

Sestama, Hariyoga mengapresiasi Pemprov Riau, karena dinilai konsisten melakukan program Compact-2 MCC. Bahkan, sejak awal program Compact-2 ini dilakukan, Hariyoga melihat Gubernur Syamsuar (Pemeprov Riau) mengawal langsung program tersebut dan dinilai konsisten untuk melakukan program yang bersumber dari Amerika itu. 

"Kami sangat mengapresiasi komitmen dari pak Gubernur Riau untuk mengawal langsung dari awal supaya apa yang diusulkan betul-betul memenuhi kriteria dari Compact-2," jelasnya. 

Disampaikannya, pada 5 Juli 2021 lalu, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan proposal proyek kepada MCC. Adapun proposal proyek program Compact-2 terdiri dari dua fokus/work stream. Yaitu peningkatan kapasitas perencanaan dan penyiapan proyek, pembiayaan inovatif untuk infrastruktur, serta peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM untuk mendorong produktivitas, dan pertumbuhan inklusif. 

Sementara itu, lokasi intervensi program Compact-2 direncanakan di 5 Provinsi di Indonesia diantaranya Sulawesi Utara, Bali, Riau, Sumatra Selatan dan Kepulauan Riau. 

Gubernur Riau, Syamsuar dalam kesempatan itu menyebutkan, Pemerintah Provinsi Riau telah menyampaikan beberapa usulan strategis dalam untuk program Compact-2 MCC. Satu di antaranya adalah usulan infrastuktur jalan yang dinilai nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Riau. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Sestama (Sekretaris Utama Bappenas) untuk dapat mengecek langsung ke lapangan. Sekaligus kami juga telah menyampaikan usulan-usulan, semoga ini terwujud," ujarnya. 

Dengan adanya dukungan dari hibah MCC, Syamsuar berharap dapat membantu Provinsi Riau dalam masalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, hingga dapat membenahi UMKM. 

"Program ini sasarannya memang UMKM kemudian menurunkan angka kemiskinan termasuk kesetaraan gender," pungkasnya.(*)