Aktivasi Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19, PHR WK Rokan Luncurkan Program Pencegahan Stunting


Dibaca: 723 kali 
Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:04:00 WIB
Aktivasi Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19, PHR WK Rokan Luncurkan Program Pencegahan Stunting Acara peluncuran program pencegahan stunting yang ditaja PT PHR bekerjasama dengan PKBI Daerah Riau yang dilaksanakan secara luring dan daring pada Selasa (12/10/2021).

Pekanbaru, Hariantimes.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan bergerak mendukung upaya pencegahan stunting sebagai program prioritas nasional. 

Upaya yang dilakukan dengan meluncurkan Program Pencegahan Stunting melalui Aktivasi Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19. Peluncuran program dilakukan secara luring dan daring pada Selasa (12/10/2021).

Acara peluncuran juga dihadiri oleh perwakilan dari Bappeda, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, PKK, camat, kepala desa/ lurah, dan kader posyandu.

”PHR WK Rokan ingin berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam mengatasi masalah stunting. Pada tahap awal ini, program akan dijalankan di dua kecamatan di sekitar wilayah operasi perusahaan kami, yakni Kecamatan Mandau di Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Kandis di Kabupaten Siak,” terang VP Corporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin dalam sambutannya. 

Kedua kecamatan tersebut, lanjut Sukamto, memiliki tingkat kasus stunting yang cukup tinggi di Riau. PHR WK Rokan menggandeng Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau sebagai mitra pelaksana program.

Peluncuran program dihadiri oleh Raja Siti Nuraisyah, selaku sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (BP3AP2KB), yang hadir mewakili Gubernur Riau.
 
"Pemerintah Provinsi Riau sangat menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh PHR dan PKBI Riau yang sejalan dengan upaya peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Raja Siti Nuraisyah. 

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Kondisi itu mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, baik itu dari sisi fisik maupun perkembangan otak. Stunting dapat menjadi ancaman utama terhadap kualitas SDM dan kemampuan daya saing bangsa. 

Program pencegahan stunting yang dijalankan PHR WK Rokan selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional/ Daerah (RPJMN/ RPJMD) tahun 2019-2024. 

”Program kami juga sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals nomor tiga, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia,” tegas Sukamto. 

Berdasarkan data di tingkat provinsi, angka prevalensi stunting di Riau sebesar 23,7% pada tahun 2020. Angka tersebut ditargetkan turun menjadi 14% pada 2024.

Program PHR WK Rokan untuk pencegahan stunting akan dilaksanakan di Posyandu Mawar Jingga di Kelurahan Air Jamban, Mandau, dan Posyandu Kasih Ibu di Desa Libo Jaya, Kandis. Program berdurasi empat bulan ini memiliki kegiatan utama, antara lain, pemberdayaan kader posyandu; pelaksanaan kegiatan rutin bulanan posyandu; promosi dan sosialisasi kesehatan; serta pemberian makanan tambahan. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan status gizi pada Ibu hamil dan bayi di bawah dua tahun dengan mobilisasi Posyandu. 

Pelaksanaan program menerapkan pola pentahelix atau kerja sama multipihak yang melibatkan unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas dan media. Pola penerapan dan jenis program ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk mengembangkan dan melibatkan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mereka.(*)