Silaturahmi ke IKLA Pelalawan, Hanafi: Kalau Dapat Kita Bersatu


Dibaca: 1687 kali 
Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:10:00 WIB
Silaturahmi ke IKLA Pelalawan, Hanafi: Kalau Dapat Kita Bersatu Jajaran Pengurus IKLA Provinsi Riau melakukan kunjungan silaturahmi ke IKLA Kabupaten Pelalawan, Kamis (14/10/2021).

Pelalawan, Hariantimes.com - Jajaran Pengurus Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau melakukan kunjungan silaturahmi ke IKLA Kabupaten Pelalawan, Kamis (14/10/2021).

Kunjungan silaturahmi yang langsung dipimpin Ketua Umum (Ketum) IKLA Provinsi Riau HM Hanafi ini disambut suka cita oleh Ketua IKLA Pelalawan Kiamudin, Wakil Ketua III IKLA Pelalawan Rio Rinaldi, Sekretaris IKLA Pelalawan Zulandi, Penasehat IKLA Pelalawan Khairul dan Pembina IKLA Pelalawan H Syafri Tazwirman di salah satu cafe di Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Turut serta mendampingi Ketum IKLA Riau antara lain Sekretaris Umum (Sekum) IKLA Riau Drs Berman, Wakil Sekretaris Umum 2 Zulmiron Bendahara Umum IKLA Riau Donny Subakti, Wakil Bendahara Umum Azar, Wakil Ketua Bidang Sosial Kemasyarakatan Syahrul Anis dan Humas Sofyan Muncak.

"Kedatangan kami ke Pelalawan ini selain bersilaturahmi, juga untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan IKLA Provinsi Riau. Salah satunya kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 Hijriyah yang akan diselenggarakan pada hari Rabu (20/10/2021) di RS PMC Pekanbaru. Selain itu juga untuk melihat apa kegiatan-kegiatan yang ada di kabupaten untuk dibicarakan di tingkat provinsi. Mungkin kalau boleh kami ikut, kami akan datang ke kabupaten," tutur Ketum IKLA Provinsi Riau HM Hanafi mengawali pertemuan.

Disamping sebut Hanafi, IKLA Provinsi juga akan menertibkan administrasi dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) bagi kabupaten yang telah membentuk kepengurusan. Kemudian terkait Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) itu mengacu kepada provinsi. 

"Sehingga nanti kita mempersoalkan lagi AD ART mulai dari kecamatan hingga ke kabupaten. Jadi AD ART cukup satu. Artinya, AD ART mulai dari tingkat Provinsi hingga ke kecamatan itu satu AD ART. Karena itu, kami di kepengurusan IKLA Provinsi saat ini sebagai langkah awal akan membenahi administrasi. Sehingga kedepan, siapa yang bertanggung jawab kepada siapa itu akan jelas. Nanti untuk IKLA Pelalawan bisa komunikasi dan berkoordinasi kepada Sekretaris Umum IKLA Provinsi Riau," ulas Hanafi.

Kemudian, sambung Hanafi, terkait dunsanak-dunsanak (kerabat-kerabat) di IKLA Pelalawan yang ingin minta penjelasan tentang IKLA Riau bisa menjapri Sekretaris Umum IKLA Riau atau datang ke Pekanbaru.

"Jika ada yang mengerti atau kurang paham tentang IKLA Riau, mari kita duduk untuk berdiskusi," ajak Hanafi sembari berharap seluruh masyarakat Agam di seluruh kabupaten dan kota bersatu dalam satu wadah organisasi yakni IKLA Provinsi Riau hasil musyawarah besar pada 21 Agustus 2021.

"Kita ini adalah ijuak (ijuk) semuanya. Jadi jangan sampai ijuk ini dipakai sembarangan saja dan ada saga didalamnya. Sehingga kita kelihatan tidak kompak oleh orang. Ijuk tetap ijuk, saga tetap saga. Jadi kalau dapat kita bersatu saja untuk IKLA Provinsi Riau agar lebih baik. Karena di IKLA ini lebih banyak sosial. Dalam sosial ini tentu kita harus banyak saudara. Kalau tidak, tidak akan tercipta sosial ini," beber Hanafi.

Sementara Ketua IKLA Pelalawan Kiamudin mengatakan, di IKLA Pelalawan yang raja itu adalah hasil musyawarah. Dan itu yang menjadi prinsip IKLA Pelalawan selama ini.

"Hasil musyawarah bagi kami itu adalah rajo (raja)," ucap Kiamudin.(*)

Penulis: Zulmiron