Temui Dirut HK, Gubri Bahas Pembangunan Tol Riau


Dibaca: 945 kali 
Rabu, 24 November 2021 - 19:05:16 WIB
Temui Dirut HK, Gubri Bahas Pembangunan Tol Riau Gubri H Syamsuar menemui langsung Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya (Persero) Budi Harto di Gedung HK, kawasan Cawang, Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menemui langsung Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya (Persero) Budi Harto di Gedung HK, kawasan Cawang, Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021).

Pada pertemuan itu, Gubri membahas sejumlah persoalan pembangunan tol di Riau, terutama ruas tol Pekanbaru-Bukit Tinggi yang melintasi kawasan Rimbo Panjang.

Mulai dari masalah pembebasan lahan hingga Sutet dan termasuk salah satu Pondok Pesantren yang sebelumnya masuk dalam jalur pembangunan tol.

"Alhamdulillah persoalan-persoalan itu sudah ada jalan keluarnya. Misalnya soal Sutet, sudah ada alternatif lain yang tidak mengganggu. Begitu juga pesantren, sudah dibuatkan trase baru oleh HK sehingga tidak mengganggu bangunan pesantren tersebut," ucap Gubri usai pertemuan.

Gubri juga menjelaskan bahwa ruas tol Pekanbaru-Bangkinang yang semula dijadwalkan rampung akhir 2021 ini, kemungkinan baru selesai dan operasional pada Februari 2022.

"Ya mungkin karena beberapa persoalan teknis. Jadi sedikit agak tertunda. Oleh sebab itu, kita bersama-sama mencari solusi agar pembangunan tol di beberapa ruas di Riau ini segera terealisasi," ucap Gubri lagi.

Gubri juga berharap pada 2022 pembangunan tol ruas Pekanbaru-Bukit Tinggi sudah sampai di kawasan Candi Muara Takus. Sehingga memudahkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi.

"Akan lebih mudah bagi orang untuk wisata ke Candi Muara Takus," ucapnya.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol di Riau akan menjadi tol terpanjang di Indonesia. Diperkirakan mencapai 638 km. Antara lain ruas Jambi-Rengat 82 km (perencanaan), Rengat-Pekanbaru 207 km (perencanaan), Pekanbaru-Dumai 131 km (operasional), Dumai-Rantauprapat 130 km (perencanaan), Pekanbaru-Bukit Tinggi 64 km (konstruksi) dan 24 km (perencanaan).

Saat menerima Gubri, Budi Harto didampingi sejumlah direksi, seperti Koentjoro Direktur Operasi III, Muhammad Fauzan Direktur Human Capital and Legal dan beberapa pejabat lainnya.

Sementara Gubri Syamsuar didampingi Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juliharnis dan Kaban Penghubung Erisman Yahya.(*)