Menteri BUMN Kunjungi LAMR, Erick Thohir: Kerjasama dengan Riau Selalu Terbuka


Dibaca: 785 kali 
Jumat, 26 November 2021 - 13:10:34 WIB
Menteri BUMN Kunjungi LAMR, Erick Thohir: Kerjasama dengan Riau Selalu Terbuka Menteri BUMN RI, Erick Thohir Kunjungan Ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Jum'at (26/11/2021) di Balai Adat Melayu Riau - Pekanbaru. (Foto : Its)

PEKANBARU, HarianTimes.com — Erick Thohir berjanji Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ia pimpin selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan Provinsi Riau. Menurut Menteri BUMN RI itu, pihaknya juga membuka diri untuk berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Adat (BUMA) serta Pemerintah Daerah (Pemda).

Menteri BUMN RI, Erick Thohir menyampaikan hal tersebut saat berkujung ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, yang juga dihadiri oleh perwakilan LAM Riau kabupaten/kota se-Provinsi Riau di Balai Adat Melayu Riau, Jum'at (26/11/2021).

Erick Thohir menegaskan, bahwa kerjasama BUMN dengan BUMD, BUMA maupun Pemda sangatlah penting, guna mendukung bangkitnya perekonomian masyarakat daerah maupun nasional, terlebih lagi saat terjadinya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Kami membuka diri dengan BUMD maupun Pemda, berkolaborasi untuk membangun iklim investasi yang saling menguntungkan," terang Menteri BUMN tersebut.

"Jika Provinsi Riau memiliki potensi potensi yang saling menguntungkan mengapa tidak, silahkan saja, kami selalu terbuka untuk bekerjasama," timpal Erick Thohir.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar menegaskan bahwa Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), selain untuk menjaga kelestarian adat juga diberikan tugas memberdayakan masyarakat adat, yaitu masyarakat Riau.

Sejauh ini, Datuk Seri Syahril Abubakar melihat potensi yang besar ada di masyarakat Provinsi Riau, yakni melalui pemberdayaan UMKM, hal itu merupakan salah satu potensi yang sangat dipandang cakap.

"Kalau UMKM disandingkan dan badan usaha milik rakyat di bina, maka manfaatnya sangatlah besar, terutama bagi masyarakat Riau. Apalagi kami di Provinsi Riau ini memiliki Badan Usaha Milik Adat (BUMA)," ungka Datuk Seri Syahril.

Riau, kata dia, disamping memiliki Badan Usaha Milik Daerah, juga dikenal dengan Badan Usaha Milik Adat (BUMA) yang saat ini mencoba bekerjasama dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR). 

"Semoga pak Menteri selaku pembina dari BUMN berkenan memberikan bantuan kepada Badan Usaha Milik Adat di Riau, karena jika bersinergi dampaknya akan sangat luar biasa. Apalagi masyarakat Riau mempunyai aset yang kalau digali dan dimanfaatkan akan memberikan keuntungan yang sangat luar biasa," pungkasnya. 

Diketahui, saat melakukan kunjungan ke LAM Riau, Menteri BUMN meninjau kegiatan sosial dan donor darah setelah itu dilanjutkan dengan memberikan sembako kepada pendonor. 

Dalam kunjungan Menteri BUMN RI Erick Thohir tersebut, turut juga dihadiri oleh Gubernur Riau H Syamsuar yang diwakili Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi dan beberapa pejabat pemerintah lainnya.*