Ternyata Sang Pengisi Kegiatan Pelatihan Tata Kelola BUMDes Putra Asli Kuansing Asal Baserah


Dibaca: 882 kali 
Sabtu, 27 November 2021 - 23:53:00 WIB
Ternyata Sang Pengisi Kegiatan Pelatihan Tata Kelola BUMDes Putra Asli Kuansing Asal Baserah (foto : ist). Suhu Wan Saat Menjadi Pemateri Dalam Pelatihan Tata Kelola BUMDes

PEKANBARU, HarianTimes.com — Pelatihan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ditaja melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana pelatihan tersebut bertujuan untuk memantapkan pengelolaan BUMDes di masing-masing desa yang manjadi peserta di masing-masing kecamatan, agar setiap BUMDes tersebut bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) serta bisa membantu perekonomian masyarakat desa tersebut.

Hal itu sesuai dengan pesan Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM saat membuka Pelatihan Tata Kelola BUMDes salah satu BKAD Kecamatan di Balroom Hotel Furaya Pekanbaru, Pekanbaru, pada Senin (22/11/2021) yang lalu.

"Diharapkan kepada para Direktur dan Pengelola BUMDes di masing masing desa, agar mampu merancang ataupun memikirkan apa saja yang akan menjadi unit usaha yang akan dikelola dalam BUMDes itu nantinya, sehingga bisa menghasilkan dan berdampak baik untuk perekonomian masyarakat desa tersebut," ujar Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby, kala itu.

Plt Bupati H Suhardiman Amby juga berpesan, agar Camat bisa menjadi koordinator pelaksanaan atau perkembangan dari suatu BUMDes yang dibentuk dan dibangun oleh suatu desa di wilayah kedinasannya masing-masing.

"Diharapkan juga kepada Camat agar bisa melakukan peninjauan langsung terkait perkembangan BUMDes tersebut, selaku perpanjangan tangan Pemerintah Daerah melakukan fungsi kontroling terhadap BUMDes, sehingga bisa berjalan dengan baik dan bisa bermanfaat nantinya," pinta Suhardiman, kala itu.

Ternyata, selain Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang membuka dan menjadi salah satu pengisi acara kegiatan pelatihan tersebut, juga diisi oleh praktisi atau profesional dibidang usaha, yakni Wan Muhammad Hasyim SE Ak yang tak lain adalah Ketua IKA UNRI sekaligus putra Asli Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Asal Baserah.

Dimana Wan Muhammad Hasyim yang akrab disapa Suhu Wan tersebut, telah mengisi beberapa kali Pelatihan Tata Kelola BUMDes yang di taja oleh sejumlah BKAD Kecamatan.

Suhu Wan kepada HarianTimes.com tidak menampik hal tersebut, pada Sabtu (27/11/2021) malam mengatakan bahwa dirinya mengisi beberapa kegiatan sebagai narasumber pelatihan.

"Diundang mengisi Pelatihan Tata Kelola Bumdes Kecamatan Cerenti tanggal 16 Nopember, Kecamatan Inuman tanggal 22 Nopember. Alhamdulillah tanggal 24 Nopember Kecamatan Benai," ujar Suhu Wan.

Menurut Suhu Wan, kehadirannya sebagai narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut, yakni dikoordinir oleh Sekretaris Kuansing Entrepreneurship Institute (Kerist), Arman Lingga Wisnu yang juga merupakan salah satu pengurus IKKS Pekanbaru," demikian dikatakan Suhu Wan yang juga merupakan Owner 107 IdolMart dan Penulis Buku 'Jatuh Bangun' itu.*