Kemendagri Hibahkan Mobil Lab PCR Seharga Rp3,8 Miliar untuk Riau


Dibaca: 899 kali 
Selasa, 30 November 2021 - 17:22:06 WIB
Kemendagri Hibahkan Mobil Lab PCR Seharga Rp3,8 Miliar untuk Riau Kemendagri Hibahkan Mobil Lab PCR Seharga Rp3,8 Miliar untuk Riau.

Jakarta, Hariantimes.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Mendagri Tito Karnavian menghibahkan satu unit Mobil Lab PCR untuk Provinsi Riau.

Mobil seharga Rp3,8 miliar itu diserahkan Mendagri melalui Plt Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro kepada Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, di Gedung Kemendagri, pada Selasa (30/11/2021).

Mobil berukuran besar itu rencananya akan dibawa langsung ke Riau agar dapat dioperasionalkan secara situasional di berbagai kabupaten/kota se-Riau.

Ada dua provinsi yang mendapat hibah Mobil Lab PCR ini, yakni Riau dan Provinsi Kalimantan Barat.

"Kita tentu mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dari Bapak Mendagri ini. Mudah-mudahan kasus Covid-19 di Riau dapat kita atasi. Antara lain dengan menggencarkan tes PCR," ucap Gubri.

Gubri menyebut, Mobil Lab PCR ini nanti akan beroperasi terutama di kabupaten/kota yang belum memiliki laboratorium untuk pemeriksaan sampel pasien Covid-19.

Sejauh ini kabupaten/kota yang sudah mempunyai Lab PCR antara lain, Bengkalis, Dumai, Siak, Inhil dan Kota Pekanbaru.

PCR adalah Real Time Polymerase Chain Reaction. PCR merupakan mekanisme membaca kode genetik pada sampel untuk mengetahui keberadaan COVID-19. Test PCR merujuk pada Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Turut bersama Gubri, Sekdaprov SF Hariyanto dan Kepala BPKAD Provinsi Riau Indra SE.(*)