Unilak dan Askrindo Syariah Jalin Kerjasama Literasi Keuangan Digital


Dibaca: 376 kali 
Kamis, 02 Desember 2021 - 13:35:48 WIB
Unilak dan Askrindo Syariah Jalin Kerjasama Literasi Keuangan Digital Unilak dan Askrindo Syariah Jalin Kerjasama Literasi Keuangan Digital.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjalin kerjasama dengan PT Askrindo Syariah.

Kerjasama dituangkan dengan dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Unilak Dr Junaidi MHum dengan Dirut Askrindo Syariah Soegiharto dan disaksikan oleh OJK, Rektor UIN, Pemprov Riau, HIPMI dan lain lain, Rabu (01/12/2021).

Kerjasama Unilak dilakukan di saat PT Askrindo Syariah genap berusia 9 tahun. Berbagai kegiatan dilakukan, Di antaranya diskusi/dialog literasi Inklusi penjamin syariah bersama jajaran diantaranya OJK, UMKM dan lain lain. Adapun tema yang diangkat yaitu IInklusi Penjaminan Syariah pada Sektor UMKM di Era Digital.

Perlu diketahui, PT Askrido Syariah baru genap berusia 9 tahun pada 29 November kemarin. PT Askrindo Syariah merupakan perusahaan penjaminan berbasis syariah pertama di Indonesia. Askrindo Syariah juga berkomitmen untuk senantisa mendukung pembangunan bangsa melalui penjaminan pembiayaan berbasis syariah dengan spirit 'Amanah Tumbuh Bersama'. 

Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, kerjasama ini tentunya memberikan dampak positif bagi Unilak. Yang mana saat ini penguatan literasi bagi masyarakat perlu dilakukan, terlebih pada sekotor digital. 

"Unilak siap mendukung pelaksanaan literasi keuangan syariah berbasis digital yang dilakukan oleh Askrindo. Kampus Unilak terbuka bagi dunia usaha/industri untuk berkolaborasi dalam mendukung peningkatan UMKM di Riau. Yang mana aat ini UMKM mampu menopang perekenomian di Indonesia. Dan kerjasama ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan tentang literasi kekuangan syariah melalui program magang mahasiswa," ujar Rektor.

Sementara itu, Dirut PT Askrindo Syariah Soegiharto mengatakan, sektor UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun di tengah pandemi covid 19 ini, kondisi UMKM terdampak sangat besar. Oleh karena itu, seluruh bisnis secara langsung atau tidak langsung dan tanpa disadari sudah melakukan transformasi digital.

Kegiatan literasi keuangan bertujuan untuk meningkatkan literasi UMKM tentang penjaminan syariah dalam mendukung program pemerintah yang sudah dicanangkan oleh presiden dan wakil presiden. Dimana penjaminan Syariah ini adalah penopang daripada roda tsunami di Indonesia.

"Khusus untuk jaminan pembiayaan Askrindo Syariah, kami sudah melakukan penjaminan terkait dengan program-program pemerintah. Antara lain untuk kredit usaha rakyat," ujar Soegiharto.

Dikatakannya, Askrindo Syariah selalu berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh Mitra bisnis dalam melakukan penjaminan pembiayaan kepada pelaku UMKM serta berusaha selalu berperan aktif dalam ekosistem syariah secara nasional di usia yang 9 tahun selalu membantu industri UMKM untuk terus berkembang berdaya saing sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional Indonesia.(*)