Dosen Agribisnis Faperta UIR Ajak Masyarakat Tanjung Leban Manfaatkan Pekarangan Rumah


Dibaca: 519 kali 
Kamis, 02 Desember 2021 - 21:55:27 WIB
Dosen Agribisnis Faperta UIR Ajak Masyarakat Tanjung Leban Manfaatkan Pekarangan Rumah Dosen Agribisnis Faperta UIR Ajak Masyarakat Tanjung Leban Manfaatkan Pekarangan Rumah.

Bengkalis, Hariantimes.com - Dua Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (Faperta UIR) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksemana di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (30/11/2021) lalu.

Pada kegiatan tersebut, kedua dosen yakni Hajri Arief Wahyudi SP  MMA dan Nursamsul KustiawanmSP MP memberi penyuluhan mengenai pemanfaatan pekarangan untuk ketahanan pangan. 

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kepala Desa Tanjung Leban itu dihadiri puluhan  warga setempat. Tampak hadir Kepala Desa H Atin dan beberapa kepala dusun dan RT serta RW setempat.

Kepala Desa Tanjung Leban H Atin menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini dan berharap dapat membuka cakrawala berpikir masyarakatnya agar lebih  meningkat kesejahteraannya.

Hajri Arief Wahyudi saat memberikan penyuluhan dan pelatihan menjelaskan, masyarakat desa perlu meningkatkan ketrampilannya dalam bercocok-tanam di pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Bahkan kegiatan tersebut dapat menambah penghasilan untuk keluarga. 

Konkretnya, bercocok-tanam tanaman pertanian hortikultura di lahan yang sempit. Bahkan mereka membawa peralatan pipa untuk kegiatan hidroponik sebagai percontohan untuk memudahkan masyarakat menerapkan pengetahuan tersebut.

Menurut Hahri, pemanfaatan pekarangan itu dapat dukembangkan dengan metode pemanfaatan lahan sempit, metode hidroponik dan metode  organik. Sedangkan komoditi yang dapat dikembangkan   meliputi pertanian hortikultura, peternakan dan perikanan.

Sementara Nursamsul Kustiawan memperagakan langsung tatacara bertanam secara hidroponik yang menggunakan pipa paralon secara bertingkat yang  cocok bagi lahan sempit. Selain itu dapat pula dilakukan di atas perairan dengan menggunakan paralln terapung.(*)