Kunjungi PWI Kota Bogor, Dar Edi Yoga Sosialisasikan JKW-PWI


Dibaca: 1165 kali 
Kamis, 02 Desember 2021 - 22:05:00 WIB
Kunjungi PWI Kota Bogor, Dar Edi Yoga Sosialisasikan JKW-PWI Kunjungi PWI Kota Bogor, Dar Edi Yoga Sosialisasikan JKW-PWI.

Bogor, Hariantimes.com - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat diwakili Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga mengunjungi Sekretariat PWI Kota Bogor di Jalan Tirto Adhi Soerjo, Kecamatan Tanah Sareal, Kamis (02/12/2021).

Kunjungan Pengurus PWI Pusat ke PWI Kota Bogor itu dalam rangka silaturahmi, sekaligus mensosialisasikan Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI). Dimana program ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang akan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Tim JKW-PWI yang saat berkeliling Indonesia nantinya akan melintasi Kota Bogor, dan teman-teman PWI Kota Bogor berencana akan menyambut mereka di sini," kata Dar Edi Yoga di Sekretariat PWI Kota Bogor, Kamis (02/12/2021).

Dar Edi Yoga menuturkan, Tim JKW-PWI yang dilepas pada 28 Oktober 2021 lalu di halaman gedung Dewan Pers oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan diperkirakan akan mengunjungi Kota Bogor di akhir Februari 2022 atau awal Maret 2022.

"Tim JKW-PWI sudah menyelesaikan wilayah Sumatera. Dan saat ini sedang menuju ke Kalimantan," tutur Dar Edi Yoga yang juga selaku Ketua JKW-PWI ini seraya menerangkan, Tim JKW-PWI ini terdiri dari Agus Blues Asianto, Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono dan Yanni Krishnayanni, dimana semuanya itu menggunakan motor untuk berkeliling Indonesia dan khusus Yanni Krishnayanni akan mendaki puncak tujuh gunung tertinggi di tanah air.

"Tujuannya itu untuk mengenal Indonesia lebih dekat. Tugas seorang wartawan mencari dan mengumpulkan berita. Nah selama ini mereka hanya di kota, hanya mendengar naskah, dan kini saatnya mereka turun ke bawah untuk melihat secara langsung tentang kekayaan alam Indonesia, tentang pembangunan pembangunan yang sudah dilakukan pemerintahan Jokowi," paparnya.

Selain itu, Dar Edi Yoga yang mengagumi suasana kantor PWI Kota Bogor itu juga berharap PWI Kota Bogor dapat terus memberikan inovasi-inovasi terbaik yang belum dilakukan oleh PWI yang lain.

"Mereka (PWI Kota Bogor) harus bisa menunjukkan sesuatu yang lebih, karena saya melihat potensi PWI di Kota Bogor ini begitu besar," ucapnya.

Apalagi, sambung dia, PWI Kota Bogor ini mencalonkan diri untuk menjadi perayaan HPN 2022 tingkat Provinsi Jawa Barat, dan pihaknya sangat mendukung, karena PWI Kota Bogor ini memiliki potensi yang cukup luar biasa dengan sarana prasarana yang ada di Kota Bogor sangat mendukung.

"Kalau HPN saya dengar kan Kota Bogor ingin mencalonkan diri menjadi tempat perayaan HPN provinsi dan saya berharap Bogor bisa dipilih untuk menjadi tempat karena saya melihat Bogor ini juga punya potensi yang cukup luar biasa ya, karena sarana prasarana di Kota Bogor sangat mendukung. Apapun kegiatan PWI di daerah, tentu kita pasti mendukung, akan mensupport," urainya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti mengaku berbangga hati dan juga mengapresiasi dengan apa yang dilakukan para senior PWI Pusat ini dengan Jelajah Kebangsaan Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia yang saat ini berada di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

"InsyaAllah finishnya di Kota Bogor dan kita akan mempersiapkan apa yang bisa kita persiapkan," kata Arihta Utama Surbakti.

Arihta Utama Surbakti yang akrab di sapa Kang Ari ini juga menuturkan bahwa Kota Bogor ini kemungkinan besar menjadi tuang rumah untuk peringatan HPN 2022 tingkat Jawa Barat.

"Itu akan ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang InsyaAllah akan penguatan positioning dari jurnalis yang ada di Bogor," ujar Ari.

Kang Ari menjelaskan, di HPN nanti akan ada beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara massal yang ditargetkan sebanyak 1000 peserta, namun akan disesuaikan.

Selain itu, akan ada launching perumahan untuk wartawan dan juga akan melakukan pengukuhan pengurus PWI Kota Bogor periode 2021-2024.

"Kemudian kita juga melaunching wartawan tani dan wartawan ternak. Jadi kita coba memberikan peluang untuk kewirausahaan di sektor pertanian dan kita bekerjasama dengan Anggota DPR RI Komisi IV Budhy Setiawan. Jadi kita ingin membentuk penguatan di sisi kapasitas yaitu UKW dan juga penguatan secara ekonomi. Terakhir kita juga akan melakukan beberapa penguatan dari sisi jasmani, serta lomba-lomba olahraga salah satunya angkat besi," jelasnya.(*)