Besok, Bangkitnya Perekonomian Riau Pasca Pandemi Covid-19 Diseminarkan


Dibaca: 1153 kali 
Senin, 13 Desember 2021 - 22:55:22 WIB
Besok, Bangkitnya Perekonomian Riau Pasca Pandemi Covid-19 Diseminarkan Besok, Bangkitnya Perekonomian Riau Pasca Pandemi Covid-19 Diseminarkan.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Perekonomian Provinsi Riau dua tahun terakhir ini ikut merana karena terdampak pandemi Covid-19. 

Buktinya, sektor usaha nyaris lumpuh karena pembatasan aktifitas masyarakat. Sementara sebagian besar anggaran pemerintah baik APBN maupun APBD juga tersedot untuk biaya penanganan virus Corona tersebut.

"Situasi perekonomian yang terdampak pandemi hampir dua tahun itu baru beberapa bulan ini mulai berangsur tumbuh seiring dengan meredanya serangan Covid-19 di tanah air, termasuk Riau," tutur H Dheni Kurnia, Ketua Panitia Seminar Ekonomi Riau kepada media, Senin (13/12/2021).

Berangkat dari kondisi demikian, kata Dheni Kurnia, Harian Vokal bekerjasama dengan Kantor Penasehat Ahli (KPA) Gubernur Riau Bidang Informasi dan Komunikasi menggelar seminar ekonomi akhir tahun dengan tajuk "Bangkitnya Perekonomian Riau Pasca Pandemi Covid-19" yang akan diadakan di Pekanbaru, Selasa (14/12/2021) besok.

Seminar tersebut, papar Dheni, akan membahas tentang perekonomian Riau saat ini serta langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam membangkitkan sektor usaha serta menumbuhkan kembangkan kembali UMKM-UMKM di Bumi Melayu Riau. 

Karena itu pula seminar dimaksud akan menghadirkan Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi sebagai keynote speaker yang bakal memaparkan tentang "Langkah-langkah Strategis Pemprov Riau dalam Membangkitkan Perekonomian Daerah Setelah Pandemi Covid-19 Mulai Mereda". 

Seminar sehari ini juga akan menghadirkan lima orang narasumber, terdiri dari  tiga pembicara dan dua pembanding. Ketiga narasumber pembicara masing-masing Prof Dr B Isyandi SE MS (Pakar Ekonomi dan Guru Besar Universitas Riau), Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL ,(Rektor Universitas Islam Riau) dan Prof Dr Elfindri SE MA (Pakar Ekonomi Unversitas Andalas Sumbar). Sedangkan narasumber pembanding yakni, Mantan Gubernur Riau Drs Wan Abubakar, Msi dan Pengamat Ekonomi Universitas Riau DR Edyanus Herman Halim SE MS.

Sedangkan peserta seminar berasal dari berbagai kalangan mulai dari para pimpinan dunia usaha di Riau, birokrat dan praktisi ekonomi, legislator DPRD Riau, tokoh-tokoh masyarakat, mahasiswa, organisasi partai politik, kepemudaan, pelaku usaha dan kalangan pers. 

"Insya Allah yang kita undang tersebut sudah mengkonfirmasikan kehadirannya," kata Dheni Kurnia yang juga Penasihat Ahli Gubernur ini.

Dheni menjelaskan, seminar itu akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada pagi harinya seusai pembukaan mulai pukul 10.30-12.00 WIB menampilkan Gubernur Riau Syamsuar sebagai keynote speaker dan dilanjutkan dengan diskusi bersama para peserta seminar. 

Tahap kedua, usai makan siang, mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB, tiga narasumber yakni Profesor Isyandi, Profesor Syafrinaldi dan Profesor Elfindri akan menyampaikan paparan mereka secara bergantian. Paparan ketiga narasumber itu selanjutnya akan disambut dengan tanggapan dua pembanding yakni mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar dan Edyanus Herman Halim.

Dipandu moderator Zufra Irwan SE yang juga Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, selanjutnya akan memberikan kesempatan kepada seluruh peserta seminar untuk menyampaikan tanggapan, saran dan masukan bagi Gubernur dan Pemprov Riau dalam membangkitkan perekomian Riau ke depannya. 

Mengingat masih berada dalam masa pandemi Covid-19 yang membatasi jumlah kerumunan massa, panitia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat luas dan berbagai kalangan untuk mengikuti seminar ini melalui kegiatan daring dengan mengakses Live Zoom Meeting: https://us02web.zoom.us/j/81305398256, Meeting ID: 813 0539 8256. Passcode: 555097

Pada akhirnya, kata Dheni Kurnia, hasil seminar ini nantinya akan dirumuskan oleh panitia menjadi sebuah kesimpulan dan saran-saran bagi Pemerintah Provinsi Riau. 

"Hasil seminar ini akan kita serahkan kepada Bapak Gubernur Riau sebagai masukkan dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan-kebijakan menyongsong Perekonomian Riau yang lebih baik setelah pandemi Covid-19 ini," ungkap Dheni Kurnia.(*)