2022, Seluruh Truk ODOL Bisa Ditertibkan di Riau


Dibaca: 952 kali 
Kamis, 16 Desember 2021 - 19:34:20 WIB
2022, Seluruh Truk ODOL Bisa Ditertibkan di Riau Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Sinergitas Peran Instansi dalam Mewujudkan Zero ODOL, Kamis (16/12/2021).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Truk Over Dimension Over Loading (ODOL) membuat banyak kerugian di berbagai bidang. 

Pasalnya, truk ODOL ini masih beroperasi di bawah 30 persen. 

"Kelebihan panjang dan lebar truk menyebabkan tingginya angka kecelakaan. Bahkan, merenggut nyawa lebih banyak," ujar Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Sinergitas Peran Instansi dalam Mewujudkan Zero ODOL, Kamis (16/12/2021).  

Jika truk ODOL tersebut melewati jalan-jalan kabupaten yang kecil di Riau, sebut Firdaus, jalan kabupaten hanya memiliki lebar antara 4,5 hingga 5 meter.  

"Jalan kabupaten hanya layak bagi kendaraan kecil dan sedang," sebut Firdaus.  

Mudahan-mudahan pada 2022 hingga 2023, sambung Firdaua, seluruh truk ODOL bisa ditertibkan di Riau. Diharapkan dengan penertiban truk ODOL ini, semua pihak diuntungkan. 

"Truk ODOL tidak memberikan keuntungan sama sekali. Hanya saja, tindakan kita yang lalai dengan memberikan toleransi kepada truk ODOL beroperasi," ucap Firdaus.  

Padahal, kata Firdaus, kementerian teknis telah mengatur panjang dan lebar truk yang standar. Diharapkan, program zero ODOL pada 2023 dapat tercapai.  

"Kami mendukung kebijakan  Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kami siap melaksanakan di lapangan," ucap Firdaus.(*)