Baznas Salurkan Beasiswa Cendekia ke Mahasiswa UIR


Dibaca: 1006 kali 
Rabu, 05 Januari 2022 - 16:48:15 WIB
Baznas Salurkan Beasiswa Cendekia ke Mahasiswa UIR Penyerahan beasiswa cendekia oleh Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dan jajaran pimpinan di lingkungan UIR, Rabu (05/01/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Lembaga Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan beasiswa ke untuk mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR).

Acara penyerahan beasiswa cendekia ini dibuka oleh Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dan jajaran pimpinan di lingkungan UIR, Rabu (05/01/2022).

"UIR menjadi salah satu kampus dari 103 universitas yang ada di Indonesia yang beruntung untuk menerima beasiswa ini," sebut Rektor sembari menyampaikan, jumlah penerima beasiswa cendekia angkatan ketiga pada tahun 2022 berjumlah 10 orang yang terdiri dari berbagai mahasiswa dan mahasiswi fakultas se lingkungan UIR. Bantuan diberikan berguna untuk membantu meringankan beban mahasiswa dan orangtua dengan tujuan sebagai subsidi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Sementara itu, Direktur DDIK UIR Dr Anton Afrizal Candra SAg MSi menyebutkan, pemberian bantuan beasiswa ini sudah terlaksana tiga tahun dan sudah berjalan sebanyak tiga angkatan. Ini artinya, UIR sebagai salah satu kampus yang cukup beruntung dari 103 universitas se Indonesia untuk dapat terus menjalin kerjasama dan MoU dengan Baznas.

Sebagai salah satu badan yang dibentuk oleh pemerintah, Baznas mempunyai fungsi untuk menyalurkan dan menghimpun zakat, infaq dan sedekah. Maka melalui LBB Baznas, program beasiswa Cendekia merupakan salah satu program tahunan yang rutin dilakukan sebagai bentuk sumbangsih demi membantu dan meringankan ekonomi umat dari himpunan dana yang telah didapat yaitu dari umat untuk umat.

Raja Alia Safutri, mahasiswa perwakilan penerima beasiswa dari Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR mengatakan, ini pertama kali dirinya mendapat beasiswa dan menjadi suatu kebanggaan baginya. 

"Beasiswa ini digunakan seutuhnya untuk membayar UKR. Dan rasa terimakasih kepada Baznas dan UIR, karena telah memilih saya menjadi salah satu penerima dan lolos dalam seleksi  Harapan kedepannya, semoga program ini terus terlaksana dan angkatan selanjutnya bisa lebih maju lagi dari angkatan sebelumnya serta lebih berprestasi lagi," ujarnya.(ron/*n)