Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unilak MoU dengan SMAN 6 Pekanbaru


Dibaca: 1002 kali 
Senin, 10 Januari 2022 - 16:25:04 WIB
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unilak MoU dengan SMAN 6 Pekanbaru Unilak Pekanbaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan SMAN 6 Pekanbaru.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan SMAN 6 Pekanbaru.

Kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya siswa SMA yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) ini ditandatangani oleh Rektor Unilak Dr Junaidi MHum dengan Kepala SMAN 6 Dra Zurina MM, Senin (10/01/2022).

Rektor Unilak Dr Junaidi MHum tiba di sekolah yang berada di Jalan Swadaya Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya sekira pukul 08.00 WIB pagi, langsung disambut hangat oleh kepala sekolah dan sejumlah guru. Saat itu, siswa-siswi juga turut serta menunggu kedatangan Rektor. Sekira 120 siswa kelas 12 menjadi saksi atas terlaksana kerjasama yang dilakukan.

Turut hadir Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal MPd, Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara MKom dan sejumlah guru SMA. 

Usai penandatanganan, Dra Zurina MM mengucapkan terima kasih kehadiran Rektor Unilak ke sekolah.  

"Hari ini kita kedatangan tamu luar biasa. Seorang Rektor. Dan SMA Negeri 6 perdana dikunjungi oleh Rektor, yaitu Doktor Junaidi. Semoga kedatangan Rektor Unilak memberikan sebuah inspirasi dan semangat buat siswa-siswa kami untuk melanjutkan kuliah," ujar Zurina.

Disebutkan Zurina, SMAN 6 ada 36 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 1.056 orang yang terdiri dari kelas 10 hingga 12. Yang paling banyak itu siswi putri. 

"SMAN 6 Pekanbaru telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai sekolah Adem (Afirmasi Pendidikan Menengah) bersama dengan beberapa sekolah yang ada di Pekanbaru. Jadi siswa-siswi Adem ini berasal dari 12 Kabupaten di Riau. Mereka adalah siswa-siswi yang berprestasi. Tapi punya keterbatasan di bidang finansial dan ekonominya yang kami harapkan mungkin juga siswa-siswi yang lain nanti bisa melanjutkan kuliah di Unilak, karena banyak jurusan-jurusan yang ada di sana," katanya.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr Junaidi dalam sambutanya menyebutkan, sebagai perguruan tinggi di Riau Unilak telah memiliki 9 Fakultas dengan 19 program studi yang telah berakreditasi A dan B

"Pendidikan adalah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dengan pendidikan yang lebih tinggi SDM SDM Indonesia akan mampu berkompetisi dengan bangsa lain. Kami yakin dan percaya siswa-siswa SMAN 6 Pekanbaru adalah calon-calon orang suskes, dan pemimpin masa depan bangsa," ujar Dr Junaidi. 

Dalam kesempatan itu, Dr Junaidi memberikan motivasi kepada siswa-siswa untuk dapat terus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Bahwa sejak bangku sekolah harus telah memutuskan kemana akan melanjutkan pendidikan, apakah ingin wirausaha atau kuliah. 

Dijelaskan Dr Junaidi, kemanapun adik adik kuliah itu sesuaikan dengan minat, pelajari mana yang cocok. 

"Lancang Kuning juga ada berapa jurusan. Kalau anda tertarik, silakan lanjut ke Unilak. Kalau anda ingin lebih, bisa ke Jawa. Jadi yang terpenting saya ingatkan, semangat untuk kuliah itu, jika ada perbedaan dengan pilihan orangtua maka solusinya adalah dialog dan komunikasi. Ketika target utama tidak tercapai maka perlu rencana B, C. Ketika tidak lulus PTN maka bisa ke PTS. Saya sama seperti adik adik. Tamat SMA tahun 94, di kelas satu belum berencana kuliah. Tapi ketika kelas dua saya rencanakan kuliah. Dan target saya pilihan pertama bisa kuliah di Jogja dan plan B di Bandung. Akhirnya S1 di Unpad Bandung dan S2 di UGM Yogyakarta," ujar Dr Junaidi. 

Dalam motivasinya, Dr Junaidi menyatakan perlu ditanamkan dalam hati untuk kuliah, bahwa persaingan zaman hari ini luar biasa jadi harus mempersiapkan sejak dini. Ingat persoalan kuliah di perguruan tinggi bukan semata-mata persoalan tidak ada uang orangtua tidak mampu, bukan itu. jika keinginan kuat pasti ada jalan.(*)