Silaturahmi ke SMK Pertanian Terpadu, Rektor Unilak Motivasi Siswa Untuk Kuliah


Dibaca: 343 kali 
Rabu, 12 Januari 2022 - 14:54:05 WIB
Silaturahmi ke SMK Pertanian Terpadu, Rektor Unilak Motivasi Siswa Untuk Kuliah Silaturahmi ke SMK Pertanian Terpadu, Rektor Unilak Motivasi Siswa Untuk Kuliah.

Pekanbaru, Hariantimes.com Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Dr Junaidi melakukan kunjungan silaturahmi ke SMK Pertanian Terpadu, Rabu (12/01/2022). 

Kunjungan ini dalam rangka melakukan kerjasama dan memberikan motivasi bagi siswa-siswi untuk melanjutkan pendididkan perguruan tinggi.

Setibanya di SMK Pertanian Terpadu, Rektor Unilak Dr Junaidi disambut ramah oleh Kepada Sekolah Dra Sudarti MM dan sejumlah guru. Dan saat memasuki auditorium, kehadiran Dr Junaidi dan rombongan disambut siswa-siswi.

Di SMK Pertanian Terpadu, Unilak melakukan penandatanganan kerjasama yang dituangkan dalam MoU yang dilakukan oleh Dr Junaidi dan Dra Sudarti.  

Selain MoU juga dilakukan MoA dengan Fakultas Pertanian (Faperta) Unilak yang ditandatangani Dr Dedi Zargustis selalu Dekan. 

Turut hadir Dekan Faperta Unilak Dr Dedi Zargustin, Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Dr Nurfaisal, Wakil Dekan III Faperta Dra.Septrita Lidar MSi, Kepala P2K2 Unilak Dr Indra dan Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara MIkom.

Dr Junaidi saat memberikan motivasi melakukan dialog dengan siswa-siswi. Dialog berlangsung dengan canda tawa dan ceria. 

Saat dialog, Rektor menanyakan ke sejumlah siswa akan ke mana setelah tamat SMK. Beberapa siswa menjawab ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di Riau dan Jawa. Beberapa lainya menjawab ingin menjadi wirausaha muda. 

Dikatakan Dr Junaidi, sejak tamat SMA/SMK putuskan jurusan apa yang akan dipilih di perguruan tinggi. Pilih jurusan yang disukai. Kemudian diskusikan dengan orangtua. Selanjutnya ukur peluang untuk masuk jurusan yang dipilih. Ketika nilai/peluang masuk tidak mencukupi, maka segera tentukan pilihan alternatif perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Perguruan Tinggi Swasta bisa jadi alternatif, saat ini di Indonesia Perguruan tinggi swasta lebih banyak di bandingkan negeri. 

"Luruskan niat dan semangat untuk melanjutkan kuliah. Pendidikan/sekolah itu adalah perjuangan. Maka kejarlah mimpi adik-adik agar mimpi itu terwujud. Ketika pilihan jurusan berbeda dengan keinginan orangtua, maka lakukan dialog dan komunikasi. Karena ridho orangtua penting, agar anaknya berhasil," pesan Dr Junaidi sembari mengingatkan, jangan sampai tamat sekolah membuang-buang waktu (mengannggur) dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Isilah dengan aktifitas yang produktif. Karena saat ini peluang kuliah sambil bekerja banyak dilakukan oleh anak-anak milenial. 

"Bagi yang memiliki keterbatasan finansial jangan patah semangat. Kuliah sambil kerja bisa menjadi solusinya. Yang terpenting semangat dan dengan niat yang kuat," pesan Rektor.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan mencari beasiswa. Di Unilak ada banyak beasiswa. Tentunya yang utama untuk meraih beasiswa adalah nilai harus tinggi. Untuk itu, sejak sekolah dan mengawali kuliah kuatkan agar mendapatkan nilai yang baik.

Sementara itu, Kepala SMK Pertanian Terpadu Dra Sudarti mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unilak atas terlaksana penandatanganan kerjasama. Penandatanganan kerjasama menjadi motivasi peningkatan kompetensi lulusan SMK Negeri pertanian terpadu provinsi Riau. 

'Alhamdulillah jumlah siswa di tahun ini ada sebanyak 1298 siswa kelas 10 hingga 12 dengan 8  program kompetensi keahlian yaitu agribisnis tanaman perkebunan, agribisnis tanaman pangan dan holtikultura, pemuliaan dan perbenihan tanaman, agro industri, agribisnis pengolahan hasil pertanian, agribisnis ternak unggas, alat mesin pertanian, dan agribisnis perikanan air tawar. Dan hari ini Bapak berkunjung. Mungkin suatu saat nanti kami akan ke sana dengan berbagai macam aktivitas-aktivitas yang memang sudah tertuang di MoU, MoA kita termasuk juga dalam hal perpustakaan, kebetulan disini ada alumni Unilak dengan jurusan perpustakaan," ujar Dra Sudarti.(*)