Personil Gabungan Polsek Kuanteng Dan Satreskrim Polres Kuansing Tertibkan PETI


Dibaca: 613 kali 
Sabtu, 22 Januari 2022 - 16:06:33 WIB
Personil Gabungan Polsek Kuanteng Dan Satreskrim Polres Kuansing Tertibkan PETI (foto : ist).

TELUK KUANTAN, HarianTimes.comGabungan Personil Polsek Kuantan Tengah dan Unit Opsnal Satreskrim Polres Kuansing melakukan Penertipan Penambangan Emas Tampa Izin (PETI) di Desa Beringin Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, Sabtu (22/01/2022).

Dalam kegiatan Penertiban PETI tersebut dipimpin oleh Kanit Tipidter Satreskrim Polres Kuansing Ipda Irwan Rudi Siagian SH MH bersama dengan 3 Personil Opsnal Sat Reskrim Polres Kuansing serta 5 Personil Polsek Kuantan Tengah.

Ditempat terpisah, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kasi Humas Polres Kuansing AKP Tapip Usman SH didampingi Kasubnit PID Ipda Juliart Lumban Tobing membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, pada hari ini Sabtu, 22 Januari 2022  pukul 09.30 WIB Polsek Kuantan Tengah bersama Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Kuansing telah melaksanakan Penindakan PETI di Desa Beringin Taluk Kecamatan Kuantan Tengah dan ditemukan 2 (dua) rakit PETI yang sedang beroperasi di lokasi tersebut.

Pada saat hendak dilakukan penangkapan para pekerja PETI berhasil melarikan diri ke arah semak semak dan berenang menyeberangi Sungai, ujarnya. “Selanjutnya langkah yang diambil adalah dilakukan pengrusakan terhadap mesin dan peralatan PETI lainnya agar tidak dapat dipergunakan kembali dan mengamankan Barang Bukti atau BB,” kata Kasi Humas Polres Kuansing AKP Tapip Usman.

Adapun Barang Bukti atau BB yang dapat diamankan dalam kegiatan operasi penertiban PETI tersebut, yakni sebanyak 2 (dua) unit Fuel Pump, kunci besi berbagai ukuran, serta 1 (satu) lembar karpet, jelas Tapip Usman.

Sedangkan untuk kendala yang dihadapi dilapangan, sambung Kasi Humas Polres Kuansing, dalam giat penertiban PETI tersebut, yakni lokasi berada di alam yang terbuka sehingga menyulitkan Personil dalam melakukan penangkapan pelaku PETI.

“Banyaknya akses jalan tikus menuju TKP dan juga kondisi TKP yang berlumpur membuat petugas kesulitan untuk menangkap para pelaku, karena ke datangan petugas lebih mudah di ketahui pelaku sehingga bisa lolos dari kejaran,” terang Tapip Usman.

“Dalam giat yang berlangsung hingga pukul 11.30 WIB itu, meski tak ada pelaku yang di tangkap, pelaksanaan dan situasi di lokasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali,” tutup Kasi Humas Polres Kuansing AKP Tapip Usman SH.*