Tingkatkan Kualitas Penelitian, UIR Jalin Kerjasama dengan UMSU


Dibaca: 417 kali 
Rabu, 26 Januari 2022 - 14:06:30 WIB
Tingkatkan Kualitas Penelitian, UIR Jalin Kerjasama dengan UMSU UIR Jalin Kerjasama dengan UMSU.

Medan, Hariantimes.com - Untuk mewujudkan peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bereputasi internasional, Universitas Islam Riau (UIR) menjalin kesepakatan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken langsung oleh Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Prof Dr Agussani.MAP di Medan, Sabtu (22/01/2022).

Penandatangan MoU ini disaksikan oleh Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr Nurman SSos Msi, Direktur Pascasarjana UIR Prof Dr Yusri Munaf dan jajaran pimpinan tinggi UMSU. 

Bentuk pelaksanaan dari MoU ini adalah fokus kepada pengembangan pendidikan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, serta dakwah islamiyah antara dua institusi pendidikan.
 
Penandatanganan kerjasama antara UIR dan UMSU kali ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kerjasama yang sebelumnya sudah pernah dilakukan. Salah satunya yaitu melalui pertukaran dosen untuk mengajar pada program pascasarjana yang dilakukan oleh dosen dan guru besar UIR di pascasarjana UMSU. 

Dalam agenda penandatangan nota kesepahaman antara UIR dan UMSU disepakati strategi bersama dalam rangka mendukung inovasi dan kolaborasi dalam perguruan tinggi. 

Hal yang senada di ungkapkan oleh Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) Dr Rendi Prayuda MSi 

“Diharapkan kedepannya  pelaksanaan kegiatan kerjasama ini akan ditaja melalui program pertukaran dosen serta penelitian bersama dengan jurusan hukum antara pascasarjana UIR dan pascasarjana umsu," katanya.

Usai penandatanganan Mou antara kedua universitas di Auditorium UMSU Medan, acara dilanjutkan dengan diskusi sekaligus silaturahmi yang di akhiri dengan kunjungan Rektor dan tim dari Pascasarjana UIR  ke gedung pascasarjana UMSU serta kunjungan ke gedung Obsevatorium Ilmu Falak (OIF) sekaligus pusat studi ilmu astronomi yang memiliki ratusan instrumen astronomi, baik instrumen-instrumen klasik maupun modern.(*)