Pekerja PT RUJ Serahkan Bayi Beruang Madu ke Balai Besar KSDA Riau


Dibaca: 819 kali 
Selasa, 10 Mei 2022 - 19:00:25 WIB
Pekerja PT RUJ Serahkan Bayi Beruang Madu ke Balai Besar KSDA Riau Pekerja PT RUJ Serahkan Bayi Beruang Madu ke Balai Besar KSDA Riau

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pekerja PT Ruas Utama Jaya (RUJ) menyerahkan seekor bayi Beruang Madu (Helarctos Malayanus) betina berumur sekitar 3 minggu ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis (28/04/2022) lalu.

Lantas bagaimana bayi Beruang Madu tersebut ditemukan?

Plt Kepala Bidang KSDA Wilayah II Hartono menyampaikan, saat itu pekerja yang sedang melakukan panen di HTI PT RUJ Tanjung Penyembal, Sungai Sembilan, Dumai menemukan seekor bayi Beruang yang ditinggalkan induknya. Para pekerja menunggu beberapa saat dan berharap induk Beruang kembali untuk membawa bayinya.

Namun hingga lama ditunggu, sang induk tak juga terlihat. Sehingga para pekerja iba dan khawatir terhadap keselamatan bayi Beruang tersebut. Kemudian para pekerja berinisiatif segera membawa dan menyerahkan bayi Beruang ke Balai Besar KSDA Riau.

"Kami ucapan terima kasih kepada para pekerja PT RUJ dan menghimbau masyarakat Riau dan Kepulauan Riau apabila mengalami perjumpaan satwa yang dilindungi agar segera berkoordinasi dan menghubungi call centre Balai Besar KSDA Riau di nomor 081374742981. Dan penting disampaikan, masyarakat dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dan mati serta bagian bagiannya. Karena dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 juta sebagaimana ditetapkan dalam UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya," papar Hartono.(*)