Khusus Lulusan SMK, Unilak Beri Diskon Uang Pengembangan Rp600 Ribu


Dibaca: 879 kali 
Rabu, 11 Mei 2022 - 11:37:38 WIB
Khusus Lulusan SMK, Unilak Beri Diskon Uang Pengembangan Rp600 Ribu Khusus Lulusan SMK, Unilak Beri Diskon Uang Pengembangan Rp600 Ribu

Pekanbaru, Hariantimes.com - Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata tidak sedikit lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Sama halnya dengan lulusan SMA, jurusan yang bisa dipilih siswa SMK tersedia banyak di perguruan tinggi di Indonesia. Dalah satunya di Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Namun yang perlu diperhatikan, pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.

Untuk meningkatkan SDM lulusan SMK, di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru telah tersedia berbagai jurusan yang sangat cocok bagi lulusan siswa SMK, bahkan akreditasinya telah A dan B.  

Berikut 12 jurusan yang ada di Universitas Lancang Kuning yang bisa menjadi pertimbangan lulusan SMK untuk kuliah.

Akutansi dengan akreditasi A
Manajemen akreditasi B
Arsitektur akreditasi B
Teknsik Sipil akreidtasi B
Teknik Elektro akreditasi B
Desain Interior akreditasi Baik
Agroteknologi akreditasi B
Agribisnis akreditasi B
Kehutanan akreditasi B
Sistem Informasi akrditasi B
Teknologi Informasi akreditasi B
Bisnis Digital akreditasi baik

Wakil Rektor I Unilak Bidang Kemahasiswaan yang juga Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2022 Zamzami MKom saat ditemui mengungkapkan, di Unilak tersedia 12 jurusan yang dapat di pilih bagi siswa lulusan SMK. Jurusan ini peminatnya terus tumbuh, bahkan menjadi pilihan utama bagi lulusan SMK di Riau bahkan di luar Riau.

"Kami bersyukur, lulusan SMK banyak kuliah di Unilak. Beberapa mahasiswa kami berasal dari Sumbar, Sumut, Jambi, Aceh dan Kepri, pulau Jawa. Dan saat tamat mereka mampu diserap dunia Industri, bahkan ada yang bekerja di perusahaan teknologi Internasional.  Kami memberikan potongan diskon uang pengembangan diberikan khusus bagi siswa lulusan SMK," ujar Zamzami.

Dikatakan Zamzami, 12 jurusan yang cocok bagi siswa SMK ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium, perpustakaan, dan lain lain. Dua jurusan yang baru saja hadir di Unilak yaitu jurusan Desain Interior di Fakultas Teknik dan Bisnis Digital di Fakultas Ilmu Komputer, dua prodi yang baru berdiri ini sangat kekinian dan diminati oleh anak anak zaman sekarang. Kami mengajak siswa lulusan SMK untuk dapat kuliah di Unilak dengan memilih jurusan yang diminati, dengan memilih jalur SMK Bisa. Proses pendaftarannya di mulai dari 2 April-1 Juli 2022. Untuk link pendafatarn di https://unilak.ac.id/page/detail/daftar-online-pmb. Dan dalam rangka mendukung program Vokasi Kemendikbud Ristek, Unilak memberikan potongan uang pengembangan sebesar Rp600.000.

Dijelaskannya, Unilak sejak tahun 2020 telah ditetapkan sebagai Kampus Perguruan Tinggi Pendamping bagi sekolah yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan yang digagas oleh Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek. Implementasi dari program itu Unilak telah melakukan kerjasama dengan sekolah kejuruan di Riau dan Kepri, diantaranya SMK Taruna Persada Dumai, SMK 1 Kempas dan lain-lain.

Bagi lulusan SMK dengan kuliah di Unilak satu diantara manfaatnya adalah peluang untuk cepat tamat terbuka karena mata pelajaran/kuliah telah selaras saat di sekolah dan kuliah, dan semakin kompeten.(*)