Tingkatan Penggunaan Produk Lokal, Gubri Bentuk Tim P3DN


Dibaca: 962 kali 
Rabu, 11 Mei 2022 - 19:09:11 WIB
Tingkatan Penggunaan Produk Lokal, Gubri Bentuk Tim P3DN Gubri Drs H Syamsuar MSi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi telah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Negeri (P3DN).

Tim ini bertugas melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan peningkatan penggunaan produk. 

Pembina Tim P3DN Riau adalah Gubernur, Bupati dan Walikota. Tim pengarahnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Kepala Bank Indonesia (BI) Riau, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Riau, Ketua PHRI Riau dan stakeholder lainnya. 

"Di dalam susunan Tim P3DN Riau juga ada Tim Monitoring dan Evaluasi dan Tim Fasilitasi Perbedaan Penafsiran Tingkat Komponen Dalam Negeri," sebut Syamsuar, Rabu (11/05/2022

Gubri juga minta pemerintah kabupaten dan kota agar menambahkan layanan pendaftaran bagi pelaku usaha sebagai penyedia barang/jasa pemerintah (SPSE dan SIKAP) pada mal pelayanan publik daerah. Termasuk layanan konsultasi pendaftaran sebagai merchant pada penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik.

Bahkan Gubri juga mendorong percepatan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi pada masing-masing daerah untuk tayang dalam katalog lokal atau toko daring.

Gubri juga menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk belanja produk dalam negeri melalui katalog lokal atau toko daring.

Kepada Tim P3DN Riau, Syamsuar menginstruksikan agar melakukan pemetaan produk dalam negeri yang diproduksi di daerahnya dan melakukan koordinasi dengan Tim P3DN pusat.(*)