Terima Audiensi Pengurus SMSI Siak

Alfedri: Kredibilitas dan Profesionalitas Sebuah Media Sangat Penting


Dibaca: 801 kali 
Rabu, 11 Mei 2022 - 19:28:36 WIB
Alfedri: Kredibilitas dan Profesionalitas Sebuah Media Sangat Penting Pengurus SMSI Kabupaten Siak audiensi dengan Bupati Siak, AlfeBup di Rumah Dinas Bupati, Komplek Abdi Praja, Jalan Raja Kecik, Kelurahan Kampung Rempak, Siak, Rabu (11/05/2022).

Siak, Hariantimes.com - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Siak audiensi dengan Bupati Siak, Alfedri, Rabu (11/05/2022).

Rombongan yang terdiri dari Yanti Sugrianti (ketua), Indra Gunawan (wakil ketua), Effendi (sekretaris), Alfredo Ferdi (bendahara) dan Arif (Wakil bendahara) tersebut, diterima Alfedri di ruang tamu Rumah Dinas Bupati, Komplek Abdi Praja, Jalan Raja Kecik, Kelurahan Kampung Rempak, Siak.

Audiensi ini terkait telah terbentuknya Kepengurusan SMSI di Kabupaten Siak.

Ketua SMSI Siak Yanti Sugrianti mengatakan, kehadirannya bersama jajaran pengurus di Rumah Dinas orang nomor satu di Kabupaten Siak tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus audiensi terkait telah terbentuknya Kepengurusan SMSI di Kabupaten Siak.

“Pertama, silaturahmi, apalagi masih dalam suasana Idul Fitri. Kedua, audiensi tentang telah terbentuknya Kepengurusan SMSI di Kabupaten Siak. Tentu yang pertama dan utama, keberadaan kita, apa dan siapa kita, harus diketahui oleh pimpinan Daerah. Setelah ini kita juga akan sowan kepada Forkopimda,” ujar Owner gardaberita.com ini.

Dalam kesempatan tersebut, imbuh Yanti, pihaknya juga menyampaikan rencana pelantikan pengurus dan program kerja SMSI Kabupaten Siak ke depannya.
Dijelaskannya, SMSI adalah organisasi yang mewadahi perusahaan pers/para penerbit media siber atau yang lebih dikenal dengan media online.

“Jadi berbeda dengan organisasi wartawan. Kalau organisasi wartawan semisal PWI, itu adalah organisasi yang mewadahi para pekerja pers atau wartawannya. Sedangkan SMSI, sebagaimana yang tercantum dalam Anggaran Dasar SMSI BAB III Pasal 5 ayat 1, anggota SMSI adalah Perusahaan Media Siber yang berbadan hukum Indonesia,” ungkapnya.

Tekait tujuan dibentuknya SMSI di Kabupaten Siak,Yanti menyebut, secara garis besar adalah untuk  mewujudkan ekosistem industri media siber yang sehat, mandiri, dan bermartabat di Kabupaten Siak.

Sementara Bupati Siak Alfedri menyambut baik keberadaan keengurusan SMSI di Kabupaten Siak.

Menurutnya, peran media dalam pembangunan sangat diperlukan. Untuk itu kredibilitas dan profesionalitas sebuah media sangat penting. Sehingga bisa menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan sesuai tugas pokok fungsinya.

Bupati berharap, kehadiran SMSI di Siak dapat membangun ekosistim jurnalisme yang sehat dan berintegritas. Sebab, saat ini perkembangan media sangat pesat terutama tranformasi digital yang memungkinkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar. Bahkan video dengan mudah dikonsumsi publik, sehingga dibutuhkan pranata sosial untuk melindungi kepentingan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar dan bisa dipercaya.(*)