Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 05 Agustus 2020
 
Polres Kampar
Tim Puslitbang Polri Adakan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Editor: | Rabu, 23 Januari 2019 - 03:15:41 WIB
Tim Puslitbang Polri saat melakukan penelitian tingkat kepercayaan di Polres Kampar

Kampar, HarianTimes.com -  Tim Peneliti dari Puslitbang Polri adakan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri di Polres Kampar pada Selasa (22/01).

Tim ini dipimpin Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Burdin Hambali yang didampingi Konsultan Peneliti dari LIPI Prof Dr Dwi Purwoko MSi, Kasubbid Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo dan Pamin Bid Gas Opsnal Iptu Reo Anggar Prabowo ST.

Turut mendampingi AKBP Setiyadi SPd selaku Kabag Strajemen Rorena Polda Riau dan Brigadir Randi dari staf Rorena Polda Riau.

Tim tiba di Polres Kampar sekira pukul 13.00 WIB dan disambut langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH serta sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar, selanjutnya Tim didampingi Kapolres Kampar melakukan pertemuan dengan Pejabat Utama Polres Kampar terdiri dari Waka Polres, Para Kabag dan Para Kasat.

Mengawali pertemuan ini, Ketua Tim Kombes Pol Drs Burdin Hambali menyampaikan tentang maksud kedatangan Tim, yaitu dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Untuk Jajaran Polda Riau Tim akan melakukan penelitian pada lima Polres yaitu Polres Kampar, Polresta Pekanbaru, Polres Rokan Hulu, Polres Bengkalis dan Polres Dumai.

Sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Opsnal Kepolisian yaitu Bidang Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara, dari kelima fungsi ini nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama beberapa tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat, hasil survei tahun 2018 oleh Tim Kompas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri telah mencapai 82,9 % dan hampir sama dengan hasil survei oleh Tim Puslitbang Polri 82,3 %.

Peningkatan ini berlangsung secara revolusioner dan bukan alami, hal ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi serta kebijakan Pimpinan Polri untuk memperbaiki layanan publik agar dapat memuaskan masyarakat, jelasnya.

Disampaikan Ketua Tim bahwa sebelum sampai di Polres Kampar, Tim sempat mampir di Pasar Kampar untuk bertatap muka dengan sejumlah masyarakat, Tim juga meminta tanggapan mereka atas pelayanan yang telah diberikan oleh Polres Kampar terhadap masyarakat.

Dari pengakuan warga masyarakat yang ditemui ini, mereka secara umum mengapresiasi kinerja Polres Kampar saat ini yang dinilai banyak kemajuan. Disamping itu mereka juga menyampaikan harapannya agar kedepan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi.

Tim juga akan memberikan lembar kuistioner untuk diisi masyarakat pada bagian pelayanan khususnya 5 Fungsi Kepolisian, yang masing-masing fungsi terdiri dari 50 responden.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polres Kampar, Tim meminta para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dari penyampaian oleh lima Kasat Opsnal ini ada beberapa inovasi yang telah dilakukan dan cukup mendapat respon positif dari masyarakat, antara lain Aplikasi SIM OCU dan Deliveri Service oleh Satlantas, Call Centre di SPKT serta DDS Online Babhinkamtibmas oleh Sat Binmas.

Ke-5 Fungsi Opsnal ini juga telah berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan segala keterbatasan yang ada, antara lain keterbatasan jumlah personel dengan luas wilayah dan jumlah penduduk serta kondisi geografisnya.

Kapolres Kampar pada kesempatan ini juga menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan, untuk menindaklanjuti informasi-informasi yang disampaikan masyarakat dan meneruskannya langsung kepada fungsi terkait untuk ditanggapi.

Selain itu disampaikan Kapolres bahwa untuk pembinaan generasi muda terkait dengan Harkamtibmas juga dilakukan penggalangan serta pembinaan ke sekolah-sekolah, berbagai komunitas serta kelompok masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif sesuai harapan masyarakat.

Anggota Tim juga menyempatkan waktu untuk meninjau ruang tahanan Polres Kampar untuk mengecek secara langsung kondisinya.

Pertemuan dan diskusi ini berakhir sekitar pukul 15.00 wib dan besok direncanakan untuk pembagikan kuestioner kepada masyarakat yang berurusan pada bagian layanan publik di Polres Kampar.

Kuistioner ini juga akan dijadikan barometer untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan Pihak Kepilisian, demikian disampaikan Tim Puslitbang Polri ini. (*/hrp)



 
Berita Lainnya :
  • Tim Puslitbang Polri Adakan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    + Indeks Berita +
    01 Besok, Perwako Perilaku Hidup Baru Diserahkan ke Gubri
    02 Ketua Komisi I DPRD Pelalawan Serahkan BLT Dana Desa ke Warga Banjar Panjang
    03 Bob Saril: 60 Persen dari Lonjakan Tagihan Akan Dibagi Rata Dalam 3 Bulan ke Depan
    04 Susun Grand Design Sagu Nasional, Meranti Jadi Model Utama
    05 Pemkab Meranti dan KPU Bahas Pilkada Serentak 2020
    06 Saat Menyadap Karet, Warga Sepahat Diserang Harimau
    07 Seluruh Belanja Kementerian/Lembaga Diturunkan Rp50 Triliun
    08 Kementerian ESDM Memastikan Tarif Listrik Periode Juli-September 2020 Tidak Naik
    09 MUI Sumbar Minta Kominfo Pusat dan Cybercrime Cabut Injil Berbahasa Minang di Google Playstore
    10 Disdikbud Meranti Keluarkan SE Perpanjangan Belajar di Rumah Bagi Siswa
    11 Dua Perwira Polresta Pekanbaru Disertijabkan
    12 Polwan Polresta Pekanbaru Beri Bantuan Sembako ke Warga yang Belum Tersentuh Bansos
    13 Telah Hadir, COPEK Adalah Aplikasi Ojol 100% Anak Negeri Bumi Jalur Kuansing
    14 Kapolres Meranti Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Lantas
    15 Irwan: Itukan Baru Menurut Berita-Berita Selentingan
    16 Haji 2020 Batal, Begini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas BPIH Reguler
    17 Jumat, Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se Riau Secara Virtual
    18 Ikhwan: Dananya Tak Kunjung Cair dan Tak Bisa Digunakan
    19 Gubri Sholat Berjamaah di Masjid Agung An Nur Pekanbaru
    20 Mahyudin: Seluruh CJH Riau Diminta Sabar dan Berlapang Dada
    21 PWI Dorong Dewan Pers Segera Pidanakan Pelaku Pemalsuan Sertifikat UKW
    22 Arab Saudi tak Kunjung Membuka Akses, Keberangkatan Jamaah Haji Dibatalkan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public