Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Minggu, 07 Agustus 2020
 
50 Ribu Tamu Undangan Hadiri Pembukaan Asian Games 2018
Aksi Jokowi Mengendarai Sepeda Motor Menuai Perhatian Publik

Editor: | Minggu, 19 Agustus 2018 - 04:44:37 WIB
Aksi Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor di kemacetan Ibukota menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menuai perhatian publik. 

Jakarta, HarianTimes.Com - Opening ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (18/08/2018) malam, sangat spektakuler.

Kenapa tidak? Lebih dari 50.000 tamu undangan yang terdiri dari
penonton, atlet, pejabat, personel keamanan dan wartawan menghadiri
acara tersebut.  Dan acara ini akan memompa reputasi bangsa secara internasional dan menjadi kebanggaan bagi semua orang Indonesia.

Menariknya lagi, aksi Presiden Jokowi mengendarai motor sport menuai perhatian publik. Ini tak lepas dari video berdurasi beberapa menit yang menampilkan kelihaian orang nomor satu di Indonesia ini dalam mengendarai sepeda motor di kemacetan Ibukota menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Video tersebut menampilkan bagaimana Presiden Jokowi melewati kemacetan dengan melewati gang-gang kecil di Jakarta. Salah satu yang menjadi pusat perhatian ketika Presiden RI menghentikan motornya untuk memberi jalan kepada siswa Sekolah Dasar (SD).

Salah satu siswa pun kaget ketika mengetahui seseorang yang menghentikan motornya itu adalah Jokowi. Setelah disuguhkan dengan aksi Jokowi dalam mengendarai motor, puluhan ribu pun kembali dibuat takjub dengan menampilan tarian kolosal yang melibatkan ribuan penari dan mereka kompak menarikan tarian khas Aceh.

Usai pentas tarian tersebut, acara dilanjutkan dengan perkenalan seluruh negara peserta. Di mana perwakilan kontingen masing-masing negara mengelilingi lapangan. Pembukaan ini menampilkan panggung terbesar yang pernah ada di upacara pembukaan untuk kompetisi multisport ini.

Dengan berat total 600 ton dan panjang 120 meter dan pada lebar 30 meter dan tinggi 26 meter, panggung ini digunakan oleh 6.000 atlet dan pejabat dari semua kontingen, saat mereka berbaris di bawah bendera kebanggaan negara mereka masing-masing. Perwakilan dari 44 negara peserta berpartisipasi dalam pawai tersebut. Sedangkan untuk Republik Korea dan Korea Utara, kedua negara berbaris dalam parade di bawah Korea yang bersatu.

Kontingen masing-masing negara dipimpin oleh seorang pejabat yang membawa papan nama negaranya sambil mengenakan pakaian burung Garuda yang dirancang oleh Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Carnival.

Upacara pengibaran bendera Indonesia dilakukan oleh Pasukan Bendera Paskibraka, yang terdiri dari 70 siswa di bawah formasi 17 orang sebagai pengawal, delapan orang sebagai pembawa bendera dan 45 orang sebagai penjaga yang mewakili Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Selama acara pembukaan Asian Games 2018 ini, INASGOC, bekerja sama dengan pemerintah Jakarta dan Kepolisian Metropolitan Jakarta, menutup beberapa jalan yaitu Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Senayan dan Jalan Sudirman ke utara. Banyak yang mencapai tempat melalui transportasi umum, tetapi mereka yang mengendarai kendaraan pribadi mereka memarkir mereka di Sudirman Central Business District (SCBD). Penonton umum masuk melalui gerbang 5, 6 dan 7 saat VIP masuk melalui gerbang 1 dan 2.

Panitia juga berkoordinasi dengan polisi dan pihak berwenang lainnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan, dan juga memastikan kenyamanan bagi semua peserta. Polisi mengerahkan 8.000 personel yang tersebar di beberapa daerah dan menggunakan ratusan kamera pengintai.

Ketua  INASGOC, Erick Thohir mengatakan, Asian Games 2018 akan menjadi Asian Games terbesar dalam sejarah dan percaya bahwa itu akan menjadi warisan yang berharga bagi generasi penerus Indonesia.

"Dimulai dengan upacara pembukaan yang megah, spektakuler dan sakral, kami percaya bahwa 2018 Asian Games akan menciptakan perdamaian di benua Asia dan tentunya memperkuat persatuan bangsa Indonesia," katanya.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Aksi Jokowi Mengendarai Sepeda Motor Menuai Perhatian Publik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    + Indeks Berita +
    01 PLN Telah Siapkan Skema Perlindungan Lonjakan Tagihan Bulan Juni
    02 Sejumlah Pembangunan Infrastruktur Telah Dilakukan di Pulau Merbau
    03 Jhon Pitte : Kita Lakukan Sosialisasi Instruksi Pak Bupati Mursini
    04 Masuk Tiga Besar LSI, Abi Bahrun Mohon Doa dan Dukungan Jadi Balonbup Bengkalis
    05 Saat Terparkir di Dalam Rumah, Motor Milik Pemred Parasriau.com Diembat Pencuri
    06 Dari 563 Universitas di Indonesia, Unilak Peringkat 191 Versi 4ICU
    07 Menjadi Konstituen Dewan Pers, SMSI Satukan Perusahaan Pers di Era Baru
    08 Rakor Virtual PPID se Riau, Komisi Informasi Himpun Berbagai Persoalan Penanganan Covid-19
    09 Terkait Lonjakan Rekening Listrik, Ini Penjelasan PLN
    10 Kembangkan Perikanan Darat, PWI Riau Peduli Konsultasi ke Diskanlut Riau
    11 Besok, Perwako Perilaku Hidup Baru Diserahkan ke Gubri
    12 Ketua Komisi I DPRD Pelalawan Serahkan BLT Dana Desa ke Warga Banjar Panjang
    13 Bob Saril: 60 Persen dari Lonjakan Tagihan Akan Dibagi Rata Dalam 3 Bulan ke Depan
    14 Susun Grand Design Sagu Nasional, Meranti Jadi Model Utama
    15 Pemkab Meranti dan KPU Bahas Pilkada Serentak 2020
    16 Saat Menyadap Karet, Warga Sepahat Diserang Harimau
    17 Seluruh Belanja Kementerian/Lembaga Diturunkan Rp50 Triliun
    18 Kementerian ESDM Memastikan Tarif Listrik Periode Juli-September 2020 Tidak Naik
    19 MUI Sumbar Minta Kominfo Pusat dan Cybercrime Cabut Injil Berbahasa Minang di Google Playstore
    20 Disdikbud Meranti Keluarkan SE Perpanjangan Belajar di Rumah Bagi Siswa
    21 Dua Perwira Polresta Pekanbaru Disertijabkan
    22 Polwan Polresta Pekanbaru Beri Bantuan Sembako ke Warga yang Belum Tersentuh Bansos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public