Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Sabtu, 06 Agustus 2020
 
WASI Pecahkan 3 Rekor Selam Dunia
Tri Tito Karnavian berharap agar tidak berhenti Disini

Editor: | Sabtu, 03 Agustus 2019 - 19:57:02 WIB
WASI dan ribuan penyelam berhasil memecahkan Guinness World Record (GWR) patut diacungi jempol.

Manado, Hariantimes.com - Prestasi yang diukir Wanita Selam Indonesia (WASI) dan ribuan penyelam berhasil memecahkan Guinness World Record (GWR) patut diacungi jempol.

Kenapa tidak? Karena mampu melakukan penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dengan 3.131 peserta dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater) sepanjang 1.014 meter di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara.

Pengumuman rekor tersebut disampaikan Guinness World Records Adjudicator Mrs Solvej Malouf, di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (03/08/2019).

Sebelumnya pada Kamis (01/08/2019), WASI dan ratusan penyelam telah berhasil memecahkan rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chain Underwater). 

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, hari ini menjadi pengalaman yang luar biasa. Sebab ini adalah puncak kerja keras seluruh panitia selama satu tahun untuk mencatatkan tiga rekor selam sebagai kebanggaan Bangsa Indonesia di dunia internasional. Terlebih, ini bertepatan dengan momentum dimana Indonesia akan memasuki usia ke-74. 

"Memang seharusnya kita punyai. Mengingat kita negara kelautan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang tidak ternilai. Semoga ini menjadi hadiah paling indah di  hidup kita yang kita persembahkan untuk negeri yang kita cintai," ujarnya.

Tri berharap agar tidak berhenti di sini. Namun menjadi motivasi bagi generasi lainnya untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Tri tak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat. Tak terkecuali Polri, TNI, maupun komunitas selam seluruh Indonesia. 

Di akhir kata, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu mengimbau agar masyarakat menjaga laut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Gunakan bahan plastik dengan bijaksana drngan tidak membuang sampah sembarangan," tukasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kehadirannya di Manado untuk Rapat Koordinasi dengan seluruh Kapolda yang ada di Indonesia sekaligus berpartisipasi dalam acara WASI hari ini.

Kapolri lantas bercerita, hobi menyelam istrinya itu bermula ketika dirinya ditugaskan untuk menjadi Kepala Kepolisian Daerah Papua. Di wilayah sana, banyak spot menyelam dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa. 

"Saya sering mengajak istri ke laut untuk sekedar bersantai sejenak dari penatnya pekerjaan. Kala ituTri belum bisa berenang. Namun saya katakan, bahwa untuk menyelam, tidak perlu harus berenang. Lalu daya ngajarin dia berenang,  menyelam, semenjak itu karena memang alam yang sangat indah sekali di Raja Ampat, akhirnya istri saya ketagihan (menyelam)," ungkap Kapolri. 

Mulai dari situ, Kapolri bersama istrinya berkeliling Indonesia untuk menikmati indahnya alam bawah laut yang dipenuhi biota beragam dan tidak ditemui di negara lain.

"Dari situlah kita mulai menyukai alam bawah laut dengan segenap kehidupan flora dan fauna-nya dan menyadari bahwa Indonesia adalah surga untuk bawah laut," cerita jenderal bintang empat itu.

Keinginan untuk menjaga indahnya  alam bawah laut pun semakin kuat di benak istrinya. Hingga akhirnya seorang senior dari Angkatan Laut Buyung Lalana meminta istrinya untuk menjadi Ketua WASI. 

"Di sini saya langsung bersedia dan kemudian mulai melakukan banyak kegiatan dan mulai makin merepotkan ibu-ibu," Ujar Kapolri.

Singkat cerita, akhirnya WASI menginisiasi untuk merebut rekor selam yang harusnya dimiliki Indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang dan biota laut yang banyak. 

Dirinya pun tergerak dengan mengerahkan para personel untuk ikut dalam pemecahan rekor ini. "Saya tahu ini semua untuk Indonesia, bangsa kita. Event-event seperti ini sepertinya kalau nggak dikoordinir dan paralel dengan organisasi sebesar Polri sepertinya akan sulit untuk dilaksanakan menarik 3000 orang lebih dalam waktu yang sama," beber Kapolri.

Lagi pula dengan kegiatan ini, bukan hanya sebagai kebanggaan bangsa, namun juga untuk mempromosikan keindahan laut Indonesia kepada dunia internasional.

"Kenapa? Agar Indonesia bisa menjadi tujuan wisata laut karena kita negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17 ribu pulau, 65 persen di antaranya adalah laut," ucapnya.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Tri Tito Karnavian berharap agar tidak berhenti Disini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    + Indeks Berita +
    01 Masuk Tiga Besar LSI, Abi Bahrun Mohon Doa dan Dukungan Jadi Balonbup Bengkalis
    02 Saat Terparkir di Dalam Rumah, Motor Milik Pemred Parasriau.com Diembat Pencuri
    03 Dari 563 Universitas di Indonesia, Unilak Peringkat 191 Versi 4ICU
    04 Menjadi Konstituen Dewan Pers, SMSI Satukan Perusahaan Pers di Era Baru
    05 Rakor Virtual PPID se Riau, Komisi Informasi Himpun Berbagai Persoalan Penanganan Covid-19
    06 Terkait Lonjakan Rekening Listrik, Ini Penjelasan PLN
    07 Kembangkan Perikanan Darat, PWI Riau Peduli Konsultasi ke Diskanlut Riau
    08 Besok, Perwako Perilaku Hidup Baru Diserahkan ke Gubri
    09 Ketua Komisi I DPRD Pelalawan Serahkan BLT Dana Desa ke Warga Banjar Panjang
    10 Bob Saril: 60 Persen dari Lonjakan Tagihan Akan Dibagi Rata Dalam 3 Bulan ke Depan
    11 Susun Grand Design Sagu Nasional, Meranti Jadi Model Utama
    12 Pemkab Meranti dan KPU Bahas Pilkada Serentak 2020
    13 Saat Menyadap Karet, Warga Sepahat Diserang Harimau
    14 Seluruh Belanja Kementerian/Lembaga Diturunkan Rp50 Triliun
    15 Kementerian ESDM Memastikan Tarif Listrik Periode Juli-September 2020 Tidak Naik
    16 MUI Sumbar Minta Kominfo Pusat dan Cybercrime Cabut Injil Berbahasa Minang di Google Playstore
    17 Disdikbud Meranti Keluarkan SE Perpanjangan Belajar di Rumah Bagi Siswa
    18 Dua Perwira Polresta Pekanbaru Disertijabkan
    19 Polwan Polresta Pekanbaru Beri Bantuan Sembako ke Warga yang Belum Tersentuh Bansos
    20 Telah Hadir, COPEK Adalah Aplikasi Ojol 100% Anak Negeri Bumi Jalur Kuansing
    21 Kapolres Meranti Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Lantas
    22 Irwan: Itukan Baru Menurut Berita-Berita Selentingan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public