Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 05 Agustus 2020
 
Hari Pahlawan
Pangdam I/BB: Nilai-nilai dan Semangat Kejuangan Wajib Diwarisi

Editor: | Senin, 12 November 2018 - 09:30:08 WIB
Upacara Penaikkan Bendera Kebangsaan di halaman apel Makorem 023/Kawal Samudera, Senin (12/11/2018).

Sibolga, Hariantimes.com - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya.

Kalimat singkat Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno ini memiliki makna yang sangat mendalam.

""Kita baru saja memperingati hari Pahlawan 10 November 2018. Peringatan hari Pahlawan ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam sejarah dekolonisasi dunia, yakni pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," kata Inspektur Upacara Letkol CHB Muhammad Yunus yang menjabat Dandenhub Korem 023/KS  Sibolga saat membacakan amanat Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah pada upacara hari Senin Penaikkan Bendera Kebangsaan di halaman apel Makorem 023/Kawal Samudera, Senin (12/11/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Letkol CHB Muhammad Yunus yang menjabat Dandenhub Korem 023/KS Sibolga dengan Komandan upacara Kapten Czi B Damanik. 

Orang nomor satu di Kodam I/BB ini mengajak, mari jadikan momentum peringatan hari pahlawan untuk merefleksikan kembali nilai-nilai dan semangat kejuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Nilai-nilai dan semangat kejuangan inilah yang wajib  diwarisi dan implementasikan prajurit dan PNS Kodam I/BB dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari-hari. Tentu dengan tetap berpedoman pada  sapta marga, sumpah prajurit dan Panca Prasetya Korpri.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih oleh Kudam I/Bukit Barisan sebagai juara 1 penyusunan laporan keuangan tingkat TNI  Angkatan Darat. Kita semua patut bersyukur dan bangga, karena prestasi tersebut merupakan kerja keras dan komitmen yang tinggi satuan Kudam I/Bukit Barisan didukung seluruh satker dan subsatker jajaran Kodam I/Bukit Barisan untuk mewujudkan tertib administrasi dan perbendaharaan di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan," ujar Pangdam.

Prestasi lain yang tidak kalah hebat, katanya, juga ditunjukkan prajurit Kodam I/Bukit Barisan atas nama Pratu Welman David Pasaribu dari satuan Yonif 121/Macan Kumbang yang meraih juara i nomor 10 K dengan waktu 32,05 menit pada TNI Internasional Marathon, dalam rangka memperingati  HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Lombok. Selanjutnya, Praka Udin Akbar dari satuan Yonarhanud 11/Wira Buana Yudha meraih juara 9 pada nomor lari 21 K dan Prada Benny Ardinata dari satuan Yonif 133/Yudha Sakti yang meraih juara 10 pada nomor lari 10 K,” beber Pangdam.   

Prestasi tersebut, kata Pangdam, tentunya sangat membanggakan. Karena berkat pembinaan latihan yang telah dilaksanakan para pelari Kodam I/Bukit Barisan mampu bersaing dengan pelari-pelari nasional dan internasional. 

"Oleh karenanya, atas nama seluruh warga Kodam I/Bukit Barisan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kodam I/Bukit Barisan. Saya berharap momentum kesuksesan ini dapat dilanjutkan pada even-even yang akan datang," kata Jenderal Bintang Dua ini seraya mengingatkan jajaran, bahwa saat ini curah hujan cukup tinggi di beberapa wilayah Kodam I/Bukit Barisan. Sehingga mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir dan tanah longsor, seperti yang terjadi di wilayah Korem 023/ Kawal Samudera dan Korem 032/Wira Braja.    

"Kembali saya instruksikan kepada para komandan satkowil agar tanggap dan melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam serta mengurangi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi," pesan Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam menekankan, agar satuan jajaran tetap melakukan koordinasi dengan stakeholder dan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah dalam upaya penang-gulangan dampak bencana alam dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki oleh satuan, baik personel maupun alat peralatan yang ada secara optimal.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Pangdam I/BB: Nilai-nilai dan Semangat Kejuangan Wajib Diwarisi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    + Indeks Berita +
    01 Besok, Perwako Perilaku Hidup Baru Diserahkan ke Gubri
    02 Ketua Komisi I DPRD Pelalawan Serahkan BLT Dana Desa ke Warga Banjar Panjang
    03 Bob Saril: 60 Persen dari Lonjakan Tagihan Akan Dibagi Rata Dalam 3 Bulan ke Depan
    04 Susun Grand Design Sagu Nasional, Meranti Jadi Model Utama
    05 Pemkab Meranti dan KPU Bahas Pilkada Serentak 2020
    06 Saat Menyadap Karet, Warga Sepahat Diserang Harimau
    07 Seluruh Belanja Kementerian/Lembaga Diturunkan Rp50 Triliun
    08 Kementerian ESDM Memastikan Tarif Listrik Periode Juli-September 2020 Tidak Naik
    09 MUI Sumbar Minta Kominfo Pusat dan Cybercrime Cabut Injil Berbahasa Minang di Google Playstore
    10 Disdikbud Meranti Keluarkan SE Perpanjangan Belajar di Rumah Bagi Siswa
    11 Dua Perwira Polresta Pekanbaru Disertijabkan
    12 Polwan Polresta Pekanbaru Beri Bantuan Sembako ke Warga yang Belum Tersentuh Bansos
    13 Telah Hadir, COPEK Adalah Aplikasi Ojol 100% Anak Negeri Bumi Jalur Kuansing
    14 Kapolres Meranti Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Lantas
    15 Irwan: Itukan Baru Menurut Berita-Berita Selentingan
    16 Haji 2020 Batal, Begini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas BPIH Reguler
    17 Jumat, Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se Riau Secara Virtual
    18 Ikhwan: Dananya Tak Kunjung Cair dan Tak Bisa Digunakan
    19 Gubri Sholat Berjamaah di Masjid Agung An Nur Pekanbaru
    20 Mahyudin: Seluruh CJH Riau Diminta Sabar dan Berlapang Dada
    21 PWI Dorong Dewan Pers Segera Pidanakan Pelaku Pemalsuan Sertifikat UKW
    22 Arab Saudi tak Kunjung Membuka Akses, Keberangkatan Jamaah Haji Dibatalkan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public