Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 04 Agustus 2020
 
Antisipasi Penyebaran Corona, Walikota Pekanbaru Batalkan Safari Ramadhan

Editor: | Rabu, 01 April 2020 - 21:15:24 WIB
Kabag Kesra Sekdako Pekanbaru, H Sarbaini.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT membatalkan kunjungan atau kegiatan Safari Ramadhan ke masjid-masjid di Pekanbaru selama bulan Ramadhan 1441 H.

Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran virus covid-19 atau corona di Kota Pekanbaru dan daerah-daerah di sekitarnya.

Kabag Kesra Sekdako Pekanbaru, H Sarbaini kepada Hariantimes.com di ruang kerjanya komplek perkantoran Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya, Rabu (01/04/2020) membenarkan pembatalan kegiatan Safari Ramadhan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru melibatkan banyak orang tersebut.

Sarbaini mengatakan, Walikota Pekanbaru juga membatalkan sejumlah kegiatan lain terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa selama bulan Ramadhan 1441 H ini.

"Acara seremonial silaturrahmi walikota dan wakil walikota menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1441 H bersama dengan seluruh  ustad/mubaligh, seluruh Ketua RW/RT, tokoh/pemuka masyarakat dan elemen masyarakat lainnya di Pekanbaru juga dibatalkan," ujar Sarbaini.

Menurut Sarbaini, Walikota Pekanbaru sangat serius melakukan social distancing dan physical distancing untuk mengantisipasi makin merebaknya penyebaran covid-19 di dalam masyarakat  di ibukota Provinsi Riau ini.

Terkait ini,  Walikota Pekanbaru, ucap Sarbaini mengimbau seluruh umat Islam di Pekanbaru untuk melaksanakan sholat Tarawih dan Witir selama bulan Ramadhan tahun ini di rumah masing-masing secara berjamaah bersama dengan anggota keluarga masing-masing.

"Pak wali mengajak kita semua untuk menjalankan ibadah sholat wajib lima waktu, Sholat Tarawih, Sholat Witir dan sholat-sholat sunat lainnya di rumah secara berjamaah dengan anggota keluarga masing-masing  untuk sementara waktu selama bulan Ramadhan nanti untuk menghindari  berkumpulnya orang banyak di masjid-masjid dan sarana ibadah lainnya guna mencegah penyebaran covid-19 di daerah ini," tuturnya.

Dikatakannya,  Walikota sudah menyampaikan secara lisan tentang pembatalan kegiatan Safari Ramadhan dan kegiatan-kegiatan lain selama Ramadhan nanti kepada sejumlah  pejabat Pemko Pekanbaru yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa nanti.

"Surat edaran tentang ini (pembatalan Safari Ramadhan)  sedang kita siapkan. Setelah beliau tanda tangani langsung kami sampaikan ke masjid-masjid yang semula akan dikunjungi Walikota maupun Wakil Walikota," jelasnya.

Menjawab tentang pelaksanaan Sholat Ied Idul Fitri 1441 H, Sarbaini mengatakan belum diputuskan pelaksanaannya oleh walikota.

"Apakah sholat Idul Fitri nanti akan dilaksanakan secara berjamaah sebagaimana tahun-tahun yang lalu atau dilakukan sendiri-sendiri di rumah kita masing-masing belum diputuskan Pak Wali. Nanti tentu ada petunjuk khusus tentang hal ini dari beliau," tuturnya.

Tak Ada Pembagian Kain Sarung

Dikatakan Sarbaini, Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru tahun ini juga membatalkan pemberian kain  sarung gratis untuk ustad/mubalig, Ketua RT/RW, pengurus LPM, tokoh dan pemuka masyarakat serta elemen atau kelompok masyarakat lainnya di Pekanbaru.

"Karena pemberian bantuan berupa kain sarung bagi masyarakat dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tidak dapat dilakukan walikota karena social distancing corona, maka otomatis kegiatan pelelangan pengadaan kain sarung juga dibatalkan atau tidak dilaksanakan," jelasnya.

Atas perintah Walikota Pekanbaru, pihaknya, menurut Sarbaini tidak mungkin melanjutkan kegiatan pelelangan kain sarung terkait dengan menyambut kedatangan bulan Ramadhan tahun ini.(*)


Penulis: Karmawijaya



 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Penyebaran Corona, Walikota Pekanbaru Batalkan Safari Ramadhan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    + Indeks Berita +
    01 Seluruh Belanja Kementerian/Lembaga Diturunkan Rp50 Triliun
    02 Kementerian ESDM Memastikan Tarif Listrik Periode Juli-September 2020 Tidak Naik
    03 MUI Sumbar Minta Kominfo Pusat dan Cybercrime Cabut Injil Berbahasa Minang di Google Playstore
    04 Disdikbud Meranti Keluarkan SE Perpanjangan Belajar di Rumah Bagi Siswa
    05 Dua Perwira Polresta Pekanbaru Disertijabkan
    06 Polwan Polresta Pekanbaru Beri Bantuan Sembako ke Warga yang Belum Tersentuh Bansos
    07 Telah Hadir, COPEK Adalah Aplikasi Ojol 100% Anak Negeri Bumi Jalur Kuansing
    08 Kapolres Meranti Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Lantas
    09 Irwan: Itukan Baru Menurut Berita-Berita Selentingan
    10 Haji 2020 Batal, Begini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas BPIH Reguler
    11 Jumat, Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se Riau Secara Virtual
    12 Ikhwan: Dananya Tak Kunjung Cair dan Tak Bisa Digunakan
    13 Gubri Sholat Berjamaah di Masjid Agung An Nur Pekanbaru
    14 Mahyudin: Seluruh CJH Riau Diminta Sabar dan Berlapang Dada
    15 PWI Dorong Dewan Pers Segera Pidanakan Pelaku Pemalsuan Sertifikat UKW
    16 Arab Saudi tak Kunjung Membuka Akses, Keberangkatan Jamaah Haji Dibatalkan
    17 Gubri Kembalikan Draft Revisi RPJMD Pemko Pekanbaru
    18 Wagubri: PSBB Dihentikan, Masyarakat Tetap Kedepankan Protokol Kesehatan
    19 Indra Yovi: Kasus Covid-19 di Riau Sudah Mendekati Normal
    20 Akun Facebook Waka DPRD Kuansing Dibajak, Yasin : Besok Kita Lapor Polisi
    21 Petugas PLN UP3 Rengat Berjibaku Siang Malam Memulihkan Sistem Kelistrikan di Reteh
    22 Masrul : Libur Sekolah Diperpanjang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public